Jumat, 26 April 2024

Arkeolog Temukan Tiga Arca dan Struktur Bata Kuno di Situs Gondang Trenggalek

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Arkeolog melakukan eskavasi di Situs Gondang Trenggalek dan menemukan tiga arca serta struktur bata kuno yang terpendam di kedalaman tanah sekitar 40 cm. Foto: Antara

Tim arkeologi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur menemukan tiga arca utuh dan struktur bangunan yang diperkirakan usianya lebih tua dari zaman Kerajaan Majapahit di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Tiga arca yang diidentifikasi sebagai patung Agastya, Mahakala dan Apsari itu ditemukan saat tim eskavasi menggali area di sekitar Situs Gondang, Kecamatan Tugu, sejak Selasa (26/7/2022) hingga Jumat (29/7/2022).

“Tiga arca itu terdiri atas Agastya, Mahakala, dan Apsari, yang terbuat dari batu andesit, batu kapur dan ada juga dari terakota. Dengan temuan ini, total ada lima arca yang ditemukan di Situs Gondang, dua di antaranya pada 2018 lalu,” kata Mohammad Said, Pamong Budaya Ahli Madya BPCB Jawa Timur, seperti dikutip Antara, Minggu (31/7/2022).

Selain menemukan tiga buah arca, tim BPCB Jawa Timur juga menemukan struktur batu bata berukuran 6×6 meter.

Dari analisa sementara, konstruksi itu diduga adalah kaki sebuah candi yang merupakan peninggalan sebelum era Kerajaan Majapahit. Kesimpulan sementara itu berdasarkan indikasi dari dimensi batu bata yang cukup besar.

“Ukurannya candi adalah 6×6 meter. Kemudian lapisan batu dalam yang ditemukan sembilan lapis. Batu bata lumayan besar, kalau dilihat dari dimensinya berbeda dengan tinggalan Majapahit. Mungkin ini lebih tua,” jelas Said.

Sementara itu, Sunyoto Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek mengatakan, akan segera melakukan pembahasan terkait tindak lanjut temuan situs tersebut dan melaporkan temuan benda purbakala itu ke Mochamad Nur Arifin, Bupati Trenggalek.

“Kami akan segera melakukan pembahasan terkait tindak lanjut temuan situs ini dan melaporkannya ke bupati,” jelas Sunyoto. (ant/des/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs