Jumat, 1 Maret 2024

AS Melaporkan Hampir 24.000 Kasus Cacar Monyet

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Cacar monyet.

Data terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) AS yang dirilis pada Senin (19/9/2022) mengungkap hampir 24.000 kasus cacar monyet (monkeypox) telah dikonfirmasi di negara tersebut

California mencatatkan kasus terkonfirmasi paling tinggi di antara negara-negara bagian AS sejauh ini dengan 4.656 kasus, diikuti oleh New York dengan 3.755 kasus dan Florida dengan 2.398 kasus, mengutip Antara, Selasa (20/9/2022).

Infeksi cacar monyet jarang berakibat fatal, dengan sebagian besar kasus sembuh dalam dua hingga empat pekan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit ini memiliki tingkat kematian sekitar 3 persen hingga 6 persen.

Namun demikian, , kata CDC, individu dengan gangguan kekebalan tubuh lebih berisiko mengalami sakit parah saat terinfeksi.

Otoritas kesehatan AS memperingatkan para dokter agar tidak berlebihan dalam menggunakan satu-satunya obat yang tersedia untuk mengobati cacar monyet.

Virus terus berkembang untuk menginfeksi manusia dengan lebih baik serta melemahkan vaksin dan obat baru, lanjut CDC.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (Food and Drug Administration/FDA) AS telah memperingatkan bahwa obat antivirus, yang bernama Tecovirimat, sangat rentan terhadap resistensi. Bahkan mutasi kecil pada virus dapat membuat obat itu tidak efektif.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Jumat, 1 Maret 2024
27o
Kurs