Sabtu, 4 Mei 2024

Balenciaga Minta Maaf Soal Kontroversi Kampanye Iklannya

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Homer Simpson menjadi model untuk Balenciaga. Foto: Antara

Direktur Kreatif dan CEO rumah mode Prancis, Balenciaga, meminta maaf atas kampanye iklan yang memicu kritik di media sosial karena menampilkan gambar yang tidak pantas dengan model anak-anak.

“Saya secara pribadi ingin meminta maaf atas kesalahan pemilihan konsep artistik untuk kampanye pemberian hadiah dengan (melibatkan) anak-anak,” kata Demna Gvasalia Direktur Kreatif Balenciaga, berdasarkan laporan Reuters, Minggu (4/12/2022).

Secara terpisah, label mengeluarkan pernyataan yang ditandatangani Cedric Charbit CEO Balenciaga untuk menguraikan proses internal baru terkait evaluasi konten.

Mengutip Antara, Balenciaga sebelumnya mendapat sorotan lewat dua kampanye terpisah yang diunggah di media sosialnya dalam beberapa pekan terakhir.

Satu bulan lalu, iklan menampilkan koleksi hadiah dan tas tangan berbentuk boneka beruang dengan tali pengikat yang dipegang anak-anak.

Sementara kampanye kedua untuk koleksi musim semi 2023, menampilkan visual yang bertempat di sebuah kantor dan menunjukkan teks makalah dari keputusan Mahkamah Agung tahun 2008 terkait pornografi anak.

Terkait kontroversi kampanye tersebut, Kim Kardashian bintang reality show meninjau hubungannya dengan label fesyen tersebut.

Dalam sebuah pernyataan awal pekan ini, Balenciaga meminta maaf dan melakukan penyelidikan terhadap kampanye iklan sedang berlangsung.

Namun, Charbit mengatakan, label fesyen itu memutuskan untuk tidak melanjutkan litigasi.

“Saya ingin secara pribadi mengulangi permintaan maaf saya yang tulus atas pelanggaran yang disebabkan dan bertanggung jawab,” kata Charbit.(ant/tik/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
30o
Kurs