Kamis, 28 Maret 2024

Banjir Bandang Terjang Perumahan di Kawasan Mangli Jember

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Banjir yang terjadi di Perumahan Bumi Mangli Permai di Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Ahad (9/1/2022) sore. Foto: Antara

Banjir bandang menerjang kawasan Perumahan Bumi Mangli Permai (BMP) dan Mangli Residence di Kelurahan Mangli, Kabupaten Jember, Jawa Timur pada Ahad sore (9/1/2022) hingga menyebabkan sebuah mobil terseret derasnya banjir.

Dalam video warga yang beredar di media sosial memperlihatkan sebuah mobil terseret banjir di Perumahan Bumi Mangli Permai, bahkan jalan perumahan menjadi sungai, sehingga warga naik ke atap atau pagar rumah yang lebih tinggi karena ketinggian banjir sudah mencapai 1 meter lebih.

Hendy Siswanto Bupati Jember dalam pesan suara yang diteruskan kepada semua OPD di lingkungan Pemkab Jember meminta semua perangkat daerah untuk siaga terhadap banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Panti hingga perumahan di kawasan Mangli.

“Kepada teman-teman OPD semuanya, saat ini terjadi banjir besar di daerah Panti dan turun ke Perumahan Bumi Mangli Permai. Mohon semua OPD bisa membantu,” katanya seperti dilaporkan Antara.

Ia juga meminta semua OPD bisa membantu masyarakat dan waspada, serta meminta para camat untuk mengingatkan warga yang berada di kawasan Jember bagian utara.

Hendy bersama Wakil Bupati Jember M. Balya Firjaun Barlaman langsung turun meninjau lokasi banjir yang berada di dua Perumahan Bumi Mangli Permai dan Mangli Residence untuk mengetahui penyebab banjir dan memastikan warga korban banjir mendapat bantuan.

Sementara Heru Widagdo Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember mengatakan hujan deras mengguyur Jember sejak pukul 14.00 WIB menyebabkan sejumlah kawasan banjir, salah satunya di Perumahan Bumi Mangli Permai.

“Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana turun ke lokasi dan mengevakuasi sejumlah warga yang rumahnya terendam banjir cukup tinggi ke tempat yang aman,” katanya.

BPBD Jember masih melakukan pendataan terhadap rumah warga yang terendam banjir dan petugas masih di lapangan untuk melakukan asesmen, sehingga masih belum bisa memastikan total rumah yang terdampak banjir di Jember.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs