Sabtu, 27 April 2024

Baru Sehari Jadi Mendag, Zulhas Langsung Cek Harga Kebutuhan Pokok di Pasar

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Zulkifli Hasan Mendag memantau harga kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamsi (16/6/2022). Foto: Kemendag

Zulkifli Hasan (Zulhas) Menteri Perdagangan langsung memantau harga-harga barang kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Cibubur, Jakarta Timur, pada hari pertamanya bertugas sebagai menteri, Kamis (16/6/2022).

Di situ, dia melihat langsung stok pangan dan mendengar keluhan para pedagang serta pembeli.

Hal itu penting untuk merumuskan berbagai strategi penanganan masalah pangan secara nasional dengan prinsip keadilan. Sehingga, pedagang dan pembeli bahagia.

“Sebelum rapat-rapat, justru kunjungan ke pasar ini yang penting. Saya dengarkan langsung tadi keluhan pedagang dan masyarakat pembeli. Harga-harga barang kebutuhan pokok harus segera dikendalikan dan cari solusinya. Kasihan rakyat,” ujar Mendag.

Zulhas menegaskan, Kementerian Perdagangan harus menjadi regulator yang adil. Dengan prinsip keadilan, dia yakin berbagai persoalan bisa diurai dan diselesaikan.

“Kemendag harus menjadi yang paling depan mengatur prinsip keadilan dalam perdagangan. Regulasi harus adil. Pedagang dan pembeli harus jujur, seimbang, dan saling memberikan maslahat satu sama lain. Pembelinya bahagia. Pedagang bahagia. Jangan sampai ada yang menimbun, menahan harga, dan lainnya,” katanya.

Prinsip keadilan, lanjut politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu, harus diupayakan untuk kesejahteraan rakyat.

“Kami mulai dari sini. Saya ingin pedagang dan pembeli bahagia. Adil, saling memberikan kebaikan satu sama lain. Itu berkah namanya,” imbuhnya.

Terkait minyak goreng, Mendag berjanji segera mengambil kebijakan supaya harga minyak goreng curah dapat dikemas dengan kemasan sederhana dan terkendali di harga Rp14 ribu per liter.

Selain mengecek harga di Pasar Cibubur, Zulhas juga mendengarkan keluh kesah para pedagang dan pembeli.

Pedagang daging dan telur bernama Eti mengeluhkan terus naiknya harga barang kebutuhan pokok yang membuatnya kesulitan mendapat keuntungan.

“Dari sananya sudah mahal, terpaksa kami ambil untung sedikit. Kalau mahal, gak ada yang mau beli. Semua jadi susah. Bukan hanya pembeli, pedagang juga bingung soal harga ini, Pak,” ucap Eti.

Pada kesempatan itu, secara pribadi Zulhas memberikan hadiah perjalanan umrah kepada pasangan suami istri yang berjualan sembako di Pasar Cibubur, bernama Warman dan Eli Nurliah.

“Kami sangat bersyukur. Terima kasih kepada Pak Menteri yang sudah memperhatikan para pedagang,” tutur Eli Nurliah.

Di Pasar Cibubur terpantau minyak goreng curah mendapat pasokan rutin dengan harga jual ke konsumen akhir Rp14 ribu per liter. Sementara minyak goreng kemasan premium dijual Rp24 ribu per liter.

Untuk komoditas lain, gula dijual Rp14 ribu per kilogram, tepung terigu kemasan Rp12 ribu per kilogram, telur ayam ras Rp29 ribu per kilogram, daging ayam Rp40 ribu per kilogram, dan daging sapi Rp140 ribu per kilogram.

Kemudian, cabai merah keriting Rp90 ribu per kilogram, cabai merah besar Rp90 ribu per kilogram, cabai rawit merah Rp110 ribu per kilogram, bawang merah Rp60 ribu per kilogram, bawang putih honan Rp30 ribu per kilogram, serta bawang putih kating Rp42 ribu per kilogram.

Seperti diketahui, Zulkifli Hasan dilantik sebagai Menteri Perdagangan RI pada Rabu (15/6/2022) menggantikan Muhammad Lutfi.

Joko Widodo Presiden memerintahkan Zulhas fokus mengurus masalah perdagangan dalam negeri.

Presiden berharap Mendag yang baru bisa menyelesaikan persoalan, mulai dari rantai pasok hingga melambungnya harga-harga barang kebutuhan pokok, termasuk minyak goreng.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs