Minggu, 5 Mei 2024

Beberapa Wilayah Jatim Hari ini Diprakirakan Kembali Diguyur Hujan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di beberapa wilayah Jawa Timur (Jatim), kembali berpotensi turun hujan dengan intensitas ringan hingga disertai petir, pada Selasa (6/9/2022) hari ini.

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, hujan akan mengguyur kawasan Kabupaten Probolinggo pada siang sampai sore hari. Sedangkan untuk malam hari, hujan juga akan mengguyur seputaran wilayah Kabupaten Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang.

Adapun pada Rabu (7/9/2022) dini hari, hujan juga diprakirakan akan melanda Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang.

Suhu udara di Jatim, akan berkisar antara 14 sampai 35 derajat celcius, dengan kelembapan udara mencapai 40 hingga 100 persen. Untuk arah angin, akan dominan dari Tenggara ke Selatan, dengan kecepatan lima sampai 40 kilometer per jam.

Sementara itu, cuaca di wilayah perairan, disampaikan oleh BMKG Maritim Tanjung Perak akan cenderung berawan dengan potensi hujan sedang, dapat terjadi di Perairan Kalteng bagian tengah, Laut Jawa Bagian Utara dan Selatan Bawean, Laut Jawa Bagian Barat dan Timur Masalembo.

Arah angin didominasi dari Timur ke Tenggara, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 15 knots (28 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 19 knots (35 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura 0.1-0.75 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0.4-1.5 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.0-3.0 meter.

BMKG juga mengimbau masyarakat yang memiliki aktivitas di perairan, untuk mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Samudera Hindia selatan Jatim. (bil/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs