Selasa, 16 April 2024

Beri Kenyamanan Anak, KAI Daop 1 Jakarta Hadirkan Ruang Bermain di Stasiun

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Area bermain-main untuk anak-anak di Stasiun Pasar Senen yang disediakan PT KAI Daop 1 Jakarta pada masa libur Nataru. Foto: Istimewa

Kadangkala bepergian dengan mengajak anak-anak itu sangat melelahkan, terlebih untuk anak di bawah 5 tahun. Ada yang aktif berlari-lari dan bahkan ada yang menangis karena jenuh/bosan menunggu jadwal keberangkatan KA-nya, yang pada akhirnya orang tua ataupun pendampingnya merasa kelelahan.

Eva Chairunisa Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta mengatakan, untuk memberikan solusi dan mengurangi beban psikologis penumpang tersebut, pihaknya telah menyediakan tempat bermain untuk anak-anak di Stasiun KA Jarak Jauh, di antaranya di Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Cikarang.

“Lokasi tempat bermain anak juga menjadi salah satu peningkatan layanan yang dilakukan pada moment libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yakni dengan perluasan area dan penambahan jenis perangkat aktifitas bermain untuk anak seperti di Stasiun Pasar Senen dan Cikarang, termasuk menyediakan permainan digital seperti Game Zone di Stasiun Gambir,” ujar Eva dalam keterangannya, Kamis (29/12/2022).

Kata dia, peningkatan layanan tersebut dilakukan karena pada momen libur Nataru banyak penumpang yang bepergian bersama keluarga yang membawa anak kecil.

“Diharapkan penumpang KA yang masih anak – anak dapat bermain dengan aneka permainan yang disediakan selagi menunggu waktu keberangkatan KA-nya,” jelasnya.

Namun demikian, lanjut Eva, keamanan dan keselamatan anak-anak saat bermain tetap menjadi tanggung jawab orang tua maupun pendampingnya. Agar tetap terjaga, para orang tua/pendampingnya harus mengawasi anak-anak mereka saat bermain.

Menurut Eva, para pelanggan KA dapat memanfaatkan fasilitas layanan tambahan yang disediakan di stasiun, dengan tetap mengawasi anak yang bermain serta turut menjaga kebersihan dengan tidak memberikan makanan saat anak berada di area bermain khusus tersebut.

“Daop 1 Jakarta secara rutin juga melakukan proses pembersihan dan disinfeksi pada area bermain anak di Stasiun,” terangnya.

Eva menjelaskan, adapun pada masa Nataru 2022/2023 ketiga stasiun tersebut merupakan salah satu stasiun yang cukup padat dikunjungi oleh masyarakat, baik itu untuk KA Jarak Jauh maupun KA Lokal di area Daop 1 Jakarta.

“Pada masa Nataru 2022/2023 Daop 1 Jakarta memprediksi peningkatan penumpang terjadi hingga dua kali lipat jika dibandingkan tahun lalu,” kata dia.

Saat ini, kata Eva, tercatat 390 ribu tiket telah terjual untuk periode masa Nataru 22 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023. Jumlah tersebut masih akan mengalami perubahan atau meningkat, mengingat penjualan tiket untuk keberangkatan hingga 8 Januari 2023 masih dijual.

Pada Kamis 29 Desember, volume keberangkatan maupun kedatangan mengalami peningkatan cukup tinggi. Secara total terdapat sekitar 32.800 pengguna berangkat dari Area Daop 1 Jakarta.

Dari jumlah total tersebut sekitar 19.800 penumpang keberangkatan KA dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan operasional 32 KA dan 13.000 penumpang lainnya keberangkatan KA dari Stasiun Gambir dengan layanan operasional 35 KA.

“Meski mengalami sedikit penurunan dibandingkan tanggal 23 dan 24 Des lalu, namun jumlah tersebut masih mengalami peningkatan dibandingkan dengan volume di waktu normal yakni dengan rata-rata sekitar 20 ribu penumpang berangkat per hari dari area Daop 1 Jakarta,” ujarnya.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
30o
Kurs