Jumat, 26 April 2024

Bersama KSAL, Megawati Hadiri Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Megawati Soekarnoputri didampingi Laksamana TNI Yudo Margono dalam acara Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara yang digelar TNI Angkatan Laut di Jakarta, Kamis (11/8/2022). Foto: istimewa

Megawati Soekarnoputri Presiden Kelima RI, menjadi pembicara kunci Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara yang digelar TNI Angkatan Laut di Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Laksamana TNI Yudo Margono Kepala Staf TNI Angkatan Laut menyambut kedatangan Megawati.

Hasto Kristiyanto Sekjen PDIP mendampingi Megawati dalam acara ini. Hadir juga Lestari Moerdijati Wakil Ketua MPR RI yang juga menjadi pembicara.

Yudo kemudian mengajak Megawati dan peserta menuju KRI Dewa Ruci yang sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok.

“Selamat datang dan terimakasih atas kesediaan Ibu Megawati Soekarnoputri yang memenuhi undangan kami sebagai keynote speaker dalam talkshow ini. Yang lalu ibu pernah hadir di tengah-tengah prajurit jalasena, hari ini ibu hadir kembali bahkan di atas kapal perang kebanggaan kita, KRI Dewaruci,” kata Yudo.

Kata Yudo, Megawati adalah presiden perempuan pertama di Indonesia. Meskipun bukan dari kalangan militer tetapi memiliki kepedulian dan perhatian sangat besar terhadap pembangunan kekuatan militer, khususnya TNI, dan terkhusus lagi TNI Angkatan Laut.

“Bagi TNI AL, KRI Dewaruci ini adalah berkat jasa beliau yang sangat besar, jika bukan perhatian dan jasa besar ibu Megawati kapal ini sudah jadi museum,” tambah Yudo.

KSAL mengatakan melalui perjuangan Megawati kapal ini sudah berumur 69 tahun dan masih tetap eksis dan merupakan kapal kebanggaan Indonesia dan dari sinilah terlahir para pemimpin angkatan laut para prajurit-prajurit jalasena yang gagah perkasa.

Terlihat sejumlah undangan terlihat hadir antara lain Laksamana TNI Bernard Kent Sondakh, Sujiwo Tejo (Budayawan), Kepala Perpustakaan Nasional, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Perwakilan

Usai sambutan Megawati, di tempat yang sama akan digelar juga talkshow Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara.

Sekadar diketahui, Ratu Kalinyamat merupakan salah satu putri dari Raja Demak Trenggana (1521-1546). Dia adalah seorang ratu dari Kerajaan Kalinyamat di Jepara. Ratu Kalinyamat satu-satunya raja wanita pada abad 16 yang berani dan berhasil membangun kekuatan Angkatan Laut yang besar dan kuat.

Ratu Kalinyamat memiliki peran penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan Portugis pada abad XV.(faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs