Jumat, 26 April 2024

Bertemu Bambang Susantono, Tony Blair Tegaskan Komitmen Bantu Pembangunan IKN

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Bambang Susantono Kepala Otorita IKN (kiri) bertemu dengan Tony Blair Mantan Perdana Menteri Inggris (Kanan) di Jakarta, Rabu (1/6/2022). Foto: Tim Transisi IKN

Bambang Susantono Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bertemu dengan Tony Blair mantan Perdana Menteri Inggris di Jakarta, membahas komitmen dan kesediaannya membantu pembangunan Ibu Kota Nusantara, termasuk meninformasikan potensinya pada kancah internasional, Rabu (1/6/2022).

Diskusi kedua belah pihak antara lain membahas langkah-langkah strategis dan taktis untuk persiapan dan pelaksanaan pembangunan IKN, terutama terkait foreign direct investment (sebuah investasi atau penanaman modal yang berasal dari pihak luar negeri atau asing) ke IKN. Dalam pertemuan tersebut, Kepala OIKN juga mengundang Tony Blair untuk berkunjung ke lokasi IKN.

“Kami mengundang beliau (Tony Blair) untuk melakukan kunjungan kerja lapangan ke IKN pada September mendatang. Beliau menyambut baik undangan tersebut dan akan mengatur jadwal untuk itu,” kata Bambang dalam keterangan resmi yang diterima suarasurabaya.net, Rabu (1/6/2022) petang.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala OIKN menjelaskan mengenai One Map, One Plan, One Policy (1MPP) sebagai bentuk perencanaan IKN terintegrasi, yang merupakan konsolidasian semua perencanaan aktivitas kementerian/lembaga terkait. Selain itu, OIKN secara intensif terus menjalankan kegiatan 4K (Komunikasi, Kordinasi, Konsolidasi dan Kolaborasi) dalam pelaksanaan wewenang OIKN, untuk persiapan dan pelaksanaan pembangunan ibukota negara Indonesia yang baru.

“Perencanaan dan pelaksanaan pembangunan IKN tetap mengedepankan prinsip ESG (environmental, social, and governance) sebagai kota global yang smart, sustainable, inclusive, dan resilient,” kata Bambang.

Sementara itu, Tony Blair juga mengapresiasi pemerintahan Joko Widodo Presiden yang memiliki reputasi yang baik di dunia internasional. Pembangunan IKN juga berada pada momentum
yang tepat. Pembangunan IKN merupakan langkah strategis bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan juga Asia.

Selain itu, Blair menyebut kalangan internasional ingin berpartisipasi dalam sektor pendidikan, kesehatan, dan industri di IKN nanti. “Dengan strategi komunikasi yang baik, program (pembangunan IKN) ini akan menjadi program yang menarik bagi investor,” kata Blair.

Saat ini OIKN sedang mengembangkan masterplan Nusantara yang mencerminkan teknologi mutakhir, dengan fokus pada inovasi dan menciptakan ekosistem yang akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sekaligus menciptakan model baru pengelolaan kota masa depan yang terhubung secara digital yang layak secara ekonomi, diinginkan secara sosial, dan berkelanjutan secara lingkungan.

Sementara Tony Blair dengan lembaga Tony Blair Institute (TBI) for Global Change miliknya, secara aktif melaksanakan kajian serta memberikan perhatian khusus tentang Indonesia. Dia juga merupakan pihak yang dipercaya dan memiliki hubungan baik dengan para investor.

Selama kunjungannya ke Indonesia, Blair didampingi Husain Abdullah dan Anand Pillai Executive Directors TBI Husain Abdullah dan Anand Pillai. (bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs