Sabtu, 20 April 2024

BMKG: Hari Ini Wilayah Jawa Timur Hujan Ringan hingga Sedang

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi Hujan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan cuaca di sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim) dilanda hujan pada Rabu (30/11/2022) hingga Kamis (1/12/2022) dini hari.

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, BMKG mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat di kabupaten/kota Jatim untuk mewaspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Pada pagi hari, untuk wilayah Sidoarjo, Gresik, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Magetan, Kab. Malang, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Untuk siang dan sore hari, ada potensi hujan di wilayah Kab. Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Jember, Situbondo, Banyuwangi dan Bangkalan.

Sementara, pada malam hari hujan melanda di wilayah Kab. Malang, Jember, Bondowoso, Banyuwangi dan Sumenep. Pada dini hari berpotensi hujan di wilayah Pamekasan.

Suhu di udara di Jatim berkisar 15-32 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60-100 persen. Arah angin dominan dari Barat Daya-Selatan dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.

Sementara itu, BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya mengeluarkan potensi cuaca yang terjadi di wilayah perairan Jawa Timur yakni diguyur hujan ringan hingga sedang.

Arah angin didominasi dari Selatan-Barat Daya dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 14 knots (26 kilometer per jam) dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 11 knot (20 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.3-0.8 meter dan Laut Jawa bagian timur antara 0.2-1.5 meter dan Samudra Hindia Selatan Jatim antara 0.8-2.3 meter.(tik/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs