Kamis, 25 April 2024

BMKG: Hujan Deras Berpotensi Terjadi di Jawa Timur dan Wilayah Lain

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan disertai petir, dan angin kencang. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan deras disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, hari ini, Selasa (24/5/2022).

Melansir Antara dari situs BMKG, potensi hujan deras disertai kilat dan angin kencang kemungkinan terjadi di Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Papua, dan Papua Barat.

Menurut BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia sebelah barat Bengkulu, yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di Bengkulu.

Daerah konvergensi lainnya, disebutkan BMKG, memanjang di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, di Bengkulu, di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dari Maluku Utara hingga Papua Barat.

BMKG menambahkan, kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi.(ant/iss/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs