Rabu, 17 April 2024

BMKG: Hujan Diprakirakan Guyur Sebagian Wilayah Jatim Pada Pagi Sampai Sore

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi Hujan. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan lebat di beberapa wilayah Jawa Timur (Jatim), Jumat (20/5/2022).

Dalam informasi tertulisnya, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang sesaat, diprakirakan terjadi di sejumlah wilayah Jatim, antara lain:

Pada pagi hari, hujan diprakirakan akan mengguyur wilayah Kabupaten Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Madiun, Trenggalek, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Kota Blitar dan Batu.

Sementara untuk siang sampai dengan sore hari, di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Jombang, Nganjuk, Ngawi, Magetan, Pacitan, Trenggalek, Blitar, Malang, Pasuruan, Lumajang, Bangkalan, Kota Mojokerto, Blitar, dan Pasuruan.

Hujan juga akan mengguyur wilayah Kabupaten Magetan, Ponorogo dan Kota Pasuruan.

Di Jatim, suhu udara akan mencapai 14 – 33 derajat celcius dengan kelembapan udara 60 – 100 persen. Angin akan dominan berhembus dari arah Timur ke Timur Laut, dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.

Sementara itu informasi dari BMKG Maritim Perak Surabaya pada, Jumat (20/5/2022), terdapat potensi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah perairan Jatim.

Arah angin didominasi dari Timur mengarah ke Tenggara, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian Timur sebesar 18 knots (33 km/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 19 knots (35 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.3-1.3 m, di Laut Jawa bagian Timur antara 0.8-1.8 m dan di Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.5-3.3 m.

Waspadai juga tinggi gelombang lebih dari 2.5 m di Perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
28o
Kurs