Jumat, 26 April 2024

BMKG: Hujan Kembali Guyur Beberapa Wilayah Jatim pada Siang sampai Sore Hari

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan lebat diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di beberapa wilayah Jawa Timur (Jatim), pada Kamis (7/7/2022) siang hingga malam. Selain itu, hujan juga diprakirakan akan terjadi pada Jumat (8/7/2022) dini hari.

Dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, BMKG memprakirakan hujan pada Kamis siang hingga sore hari di wilayah Kabupaten Tuban, Probolinggo, Lumajang dan Banyuwangi. Sementara itu, masih belum diprakirakan wilayah mana saja yang akan turun hujan untuk Kamis malam dan Jumat dini hari.

Suhu udara di Jawa Timur dan sekitarnya hari ini antara 13-34 derajat Celcius dengan kelembapan udara antara 55-100 persen. Sedangkan untuk arah angin, dominan dari Tenggara keTimur, dengan kecepatan 05-40 km/jam.

Informasi dari BMKG Maritim Perak Surabaya, kondisi cuaca di seluruh wilayah Perairan Jatim pada umumnya cerah berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang terjadi di Perairan Selatan Jawa dan Samudera Hindia Selatan Jawa.

Arah angin didominasi dari Timur ke Tenggara. Kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian Timur 17 Knots (31 km per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 19 knots (35 km per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura 0.5-1.25 m, Laut Jawa bagian timur antara 0.4-1.8 m dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 2.3-3.8 m.

BMKG Maritim Perak Surabaya juga memgimbau masyarakat, untuk mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2.5 m di Perairan Selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim. (bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs