Kamis, 2 Februari 2023

BMKG Ingatkan Masyarakat Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga deras disertai kilat dan angin kencang pada satu pekan ke depan, 9-15 Oktober.

Dwikorita Karnawati Kepala BMKG mengatakan, analisis terkini BMKG menunjukkan kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan.

“Hasil analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan,” kata Dwikorita dalam keterangan yang disampaikan dalam laman resmi BMKG, dikutip Minggu (9/10/2022).

Kemudian, aktifnya fenomena gelombang amosfer seperti MJO (Madden Jullian Oscillation) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin juga secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

BMKG memprediksi cuaca ekstrem tersebut akan terjadi di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Kep. Riau, Riau, Kep. Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, dan Lampung.

Lalu di seluruh provinsi di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, seluruh provinsi di Kalimantan, seluruh provinsi di Sulawei, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Dwikorita menambahkan, potensi pertumbuhan awan cumulonimbus (CB) di wilayah udara Indonesia pada tanggal 08-14 Oktober 2022 dengan persentase cakupan spasial maksimum antara 50-75 persen (OCNL / Occasional) diprediksi terjadi di sejumlah daerah.

Antara lain, Laut Andaman, Laut Cina Selatan, Laut Sulu, Laut Filipina, Samudera Hindia selatan Pulau Jawa hingga barat Pulau Sumatra, Sebagian kecil Pulau Sumatra, Pulau Jawa, Pulau Sulawesi, dan Pulau Papua.

Lalu, sebagian besar Pulau Kalimantan, Kepulauan Maluku, Selat Karimata, Laut Jawa, Selat Makassar, Laut Sulawesi, Laut Seram, Laut anda, Laut Aru, dan Samudra Pasifik Utara Pulau Papua.(dfn/rid)

Berita Terkait