Jumat, 29 Maret 2024

BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Indonesia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Hujan di Kota Surabaya. Foto: Ika suarasurabaya.net

Sejumlah daerah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat dan angin kencang, termasuk wilayah di Pulau Jawa dan, Sumatera dan Kalimantan, menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Berdasarkan prakiraan cuaca yang dikutip dari situs BMKG oleh Antara, Kamis (28/4/2022), hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Jawa Timur.

Selain itu, hujan lebat juga berpotensi turun di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku dan Papua.

Potensi hujan dengan intensitas yang lebih rendah diprakirakan terjadi di Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Papua Barat.

Sementara itu, beberapa kota besar di Indonesia yang berpotensi mengalami hujan petir, yakni Yogyakarta, Pontianak, Banjarmasin, Pangkal Pinang pada siang hari dan Tarakan pada malam hari.

Untuk wilayah DKI Jakarta hujan petir berpotensi terjadi di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari ini. Sementara hujan ringan diprakirakan turun di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara pada siang hari.

Hujan ringan juga diperkirakan terjadi di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu pada dini hari.

BMKG memperingatkan bahwa Kalimantan Utara masuk dalam wilayah siaga dampak hujan lebat seperti banjir untuk hari ini. Sedangkan untuk provinsi yang masuk dalam kategori waspada adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara dan Papua Barat. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs