Rabu, 22 Mei 2024

BMKG Juanda Prakirakan Hari Ini Hampir Seluruh Jatim akan Diguyur Hujan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi Hujan. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan hampir seluruh wilayah Jawa Timur akan diguyur hujan, pada Senin (5/12/2022) hingga Selasa (6/12/2022) dini hari.

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, BMKG Juanda mengimbau akan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Untuk wilayah Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kota Kediri, Kab. Malang, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Bangkalan dan Pamekasan akan diguyur hujan pada Senin pagi hari.

Sementara untuk siang-sore hari di wilayah Lamongan, Bojonegoro, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Sampang.

Malam harinya, hujan turun di wilayah Surabaya, Lamongan, Tuban, Ngawi, Pacitan, Batu, Kab. Pasuruan dan Bondowoso. Sedangkan, pada Selasa dini hari untuk wilayah Sidoarjo, Kota Mojokerto, Gresik, Tuban, Kota Pasuruan dan Lumajang.

Suhu di udara di Jatim berkisar 14-34 derajat Celcius dengan kelembapan udara 65-100 persen. Arah angin dominan dari Barat-Barat Daya dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.

Sementara itu, BMKG Maritim Jatim mengimbau masyarakat pesisir pantai akan adanya potensi gelombang tinggi di Samudra Hindia Selatan Jatim dengan ketinggian lebih dari 2,5 meter.

Tidak hanya itu, ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.3 meter dan Laut Jawa bagian timur antara 0.3-1.3 meter dan Samudra Hindia Selatan Jatim antara 0.8-2.8 meter.

Potensi cuaca yang terjadi di wilayah perairan Jawa Timur yakni diguyur hujan ringan hingga sedang.

Arah angin didominasi dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 21 knot (39 kilometer per jam) dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 17 knot (31 kilometer per jam). (tik/bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Rabu, 22 Mei 2024
27o
Kurs