Selasa, 23 April 2024

BMKG Memprakirakan Hujan dan Gelombang Laut Tinggi Terjadi pada Momen Natal Tahun Ini

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan di laut karena La Nina. Foto: Pexels

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Indonesia hari ini, Minggu (25/12/2022), akan terguyur hujan.

Selain itu, BMKG juga memprakirakan akan adanya gelombang tinggi di wilayah perairan pada momen Hari Raya Natal tahun 2022.

Berdasarkan data BMKG yang dilansir Antara, masyarakat wilayah Aceh, Bangka Belitung, Banten, dan Bengkulu diminta mewaspadai hujan deras yang bisa disertai angin kencang dan petir.

Sementara untuk wilayah Bali, diimbau untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga deras, dan gelombang tinggi yang bisa mencapai dua meter atau lebih di Laut Bali, Selat Bali dan sekitarnya.

Bagi warga DKI Jakarta, siang dan sore hari akan berpotensi hujan di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, dan untuk wilayah lainnya akan hujan pada dini hari.

Kemudian, di Jambi, Jawa Barat, dan Jawa Timur akan hujan pada sebagian besar wilayahnya. Sementara itu, Kalimantan Barat diminta waspada potensi terjadinya angin kencang di Kota Sambas, Kubu Raya, Pontianak, dan Kanyong Utara.

Di wilayah lainnya seperti Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat juga akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga deras.

Begitu juga dengan wilayah Papua dan Papua Barat. Sedangkan wilayah Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan, hujan deras bisa menyebabkan bencana hidrometeorologi dan tanah longsor. Sumatera Selatan juga diprakirakan akan turun hujan.(ant/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs