Kamis, 25 April 2024

BMKG Pastikan Gempa Malang Rabu Dini Hari Tak Berpotensi Tsunami

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Gempa bumi tektonik magnitudo 4,8 yang mengguncang Malang, Jawa Timur pada Rabu (21/12/2022) pukul 01.05 WIB. Foto: BMKG

Gempa bumi tektonik magnitudo 4,8 yang mengguncang Malang, Jawa Timur pada Rabu (21/12/2022) pukul 01.05 WIB, tidak berpotensi tsunami

Setyoajie Prayoedhie Kepala BMKG Sleman mengatakan gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia.

Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,89° LS ; 112,46° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 84 km arah Barat Daya Malang, Jawa Timur, pada kedalaman 29 km.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Trenggalek, Karangkates Malang, Blitar II-III MMI (Getaran dirasakan nyata di dalam rumah, terasa getaran seakan ada truk berlalu), Tempursari, Pronojiwo, Pasirian Lumajang II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hingga pukul 01.32 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan,” ujarnya melalui keterangan tertulis.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.(iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs