Minggu, 5 Mei 2024

BMKG Prakirakan Beberapa Wilayah Jatim Diguyur Hujan Pada Siang sampai Sore Hari

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan disertai angin kencang dan petir. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah Jawa Timur (Jatim), Jumat (15/7/2022).  Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, beberapa wilayah di Jatim diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada siang sampai sore hari.

Seluruh wilayah Jatim dipastikan cerah untuk pagi ini, meskipun beberapa kabupaten/kota ada yang berawan.

Pada siang sampai dengan sore hari terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir, di beberapa wilayah, yakni Kabupaten Gresik, Tuban, Nganjuk, Ngawi, Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Bondowoso.

Sementara untuk Jumat malam sampai dengan Sabtu (16/7/2022) dini hari, cuaca diprakirakan masih akan cerah untuk seluruh wilayah Jatim.

Suhu udara akan berkisar pada 15 sampai 33 derajat celcius, dengan kelembapan udara mencapai 60 sampai dengan 100 persen.

Sementara untuk arah angin diprakirakan dominan dari arah Timur ke Tenggara dengan kecepatan lima sampai dengan 40 kilometer per jam.

Sementata itu, informasi dari BMKG Maritim Perak Surabaya, potensi terjadi hujan sedang yakni di Kalimantan Tengah bagian Timur. Selain itu potensi hujan ringan di Laut Jawa bagian Utara dan Selatan Bawean, Perairan Tuban-Lamongan, Perairan Gresik-Surabaya dan Perairan Utara Madura.

Arah angin didominasi dari Timur ke Tenggara, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian Timur 18 Knots (33 km/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 20 knots (37 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura 0.2-0.75 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0.5-2.0 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 2.3-5.0 meter.

BMKG Maritim Perak Surabaya juga mengimbau masyarakat, untuk mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2.5 m di Perairan Selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs