Senin, 6 Mei 2024

BMKG Prakirakan Sebagian Besar Wilayah Jatim Cerah pada Sore Ini

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca cerah berawan. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan pringatan dini cuaca untuk Jawa Timur (Jatim) untuk Jumat (8/7/2022).

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, beberapa wilayah di Jatim diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada siang sampai dengan sore hari.

Pada pagi hari, seluruh wilayah Jatim diprakirakan akan cerah. Sementara untuk siang sampai dengan sore hari, hujan diprakirakan hanya akan mengguyur Kabupaten Banyuwangi dan Lumajang. Belum ada informasi lebih lanjut terkait wilayah Jatim mana saja yang akan diguyur hujan pada malam hari.

Suhu udara akan berkisar pada 13 sampai 34 derajat celcius, dengan kelembapan udara mencapai 60 sampai dengan 100 persen. Sementara untuk arah angin diprakirakan dominan dari arah Tenggara ke Timur dengan kecepatan 5 sampai dengan 30 kilometer per jam.

Informasi dari BMKG Maritim Perak Surabaya, kondisi cuaca di sebagian wilayah Perairan Jatim diprakirakan berawan. Namun, potensi hujan ringan dapat terjadi di Perairan Kalteng bagian tengah, Perairan Selatan Bawean dan Perairan Selatan Jatim.

Arah angin didominasi dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian Timur 17 Knots (31 km per jam) dan Samudera Hindia Selatan Jatim sebesar 20 knots (37 km per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura 0.5-1.0 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0.5-1.8 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.5-3.5 meter.

BMKG Maritim Perak Surabaya juga memgimbau masyarakat, untuk mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Perairan Selatan Jatim dan Samudera Hindia Selatan Jatim. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
29o
Kurs