Kamis, 8 Desember 2022

BMKG Prediksi Hujan Ringan Turun di Surabaya Minggu Siang

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan akan turun di sejumlah daerah pada Minggu (30/1/2022).

Mengutip Antara, cuaca di kota-kota besar Indonesia kebanyakan cerah, cerah berawan, atau berawan tebal pada Minggu siang dan malam. Hujan hanya diprakirakan turun di sejumlah kota besar.

Pada siang hari hujan ringan diprakirakan turun di Kota Bandung, Surabaya, Samarinda, Bandar Lampung, Manokwari, dan Kendari; hujan dengan intensitas sedang berpotensi turun di Kota Serang, Yogyakarta, dan Kupang; dan hujan disertai petir diprakirakan meliputi Kota Mataram.

Malam harinya, Kota Jambi, Semarang, Surabaya, Bandar Lampung, Jayapura, dan Kendari berpeluang menghadapi hujan ringan dan Kota Bandung diprakirakan menghadapi hujan dengan intensitas sedang.

Menurut ikhtisar cuaca harian BMKG, hujan lebat dengan curah hujan lebih dari 50 mm per hari berpotensi terjadi di wilayah Provinsi Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga diprakirakan menghadapi hujan lebat serupa.

Hujan yang terjadi di wilayah Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Utara menurut BMKG bisa disertai kilat atau petir.

BMKG menyampaikan peringatan bahwa hujan lebat bisa menyebabkan bencana banjir di wilayah Provinsi Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Di samping itu, BMKG memprakirakan angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 km per jam meliputi wilayah Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara, dan Kalimantan Tengah.(ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Kamis, 8 Desember 2022
31o
Kurs