Rabu, 24 April 2024

BMKG: Waspada Gelombang Tinggi dan Hujan Lebat di Wilayah Jawa Timur

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan disertai petir. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan cuaca seputaran wilayah Jawa Timur (Jatim) dilanda hujan pada Kamis (17/11/2022) hingga Jumat (18/11/2022) dini hari, lewat keterangan resmi.

Masyarakat juga diimbau memperhatikan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Pada pagi hari untuk wilayah Tuban, Trenggalek, Kota Malang, Jember, Bondowoso dan Banyuwangi.

Untuk siang dan sore hari, ada potensi hujan di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek.

Kemudian, wilayah Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

Di malam harinya ada wilayah Kab. Blitar, Kab. Probolinggo dan Situbondo. Sementara pada dini hari untuk wilayah Gresik, Pacitan, Tulungagung, Bondowoso, Situbondo dan Sumenep.

Suhu di udara di Jatim berkisar 14-32 derajat Celcius dengan kelembapan udara 65-100 persen. Arah angin dominan dari Barat Daya-Barat dengan kecepatan 5-20 kilometer per jam.

Sementara itu, BMKG Maritim Jatim menginformasikan secara umum kondisi cuaca berpotensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi hampir di seluruh wilayah perairan Jawa Timur.

Arah angin didominasi dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 20 knot (37 kilometer per jam) dan Selat Hindia selatan Jatim sebesar 13 knots (24 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-0.5 meter dan Laut Jawa bagian timur antara 0.5-1.5 meter dan Selat Hindia Selatan Jatim antara 1.0-2.5 meter.

BMKG Maritim Jatim juga mengimbau masyarakat yang beraktivitas di wilayah perairan untuk mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Selat Hindia selatan Jatim.(tik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
30o
Kurs