Jumat, 29 Maret 2024

BMKG: Waspadai Hari Ini Sejumlah Wilayah Berpotensi Hujan Disertai Petir

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan lebat diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang, pada Jumat (30/12/2022) hari ini.

Dikutip Antara dari situs BMKG, terdapat potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir di wilayah Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Lampung.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Maluku.

Sementara wilayah yang berpotensi mengalami angin kencang, yakni Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, dan Papua.

Dwikorita Karnawati Kepala BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang dapat berpeluang menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi menjelang akhir tahun.

Dia menyebutkan kalau potensi hujan lebat tersebut dapat menyebabkan peningkatan drastis debit air sungai, yang bisa mengakibatkan banjir dan banjir bandang. Selain itu juga bisa menyebabkan tanah longsor, guguran bebatuan, atau erosi tanah di daerah dataran tinggi serta lereng perbukitan dan gunung.

Oleh karena itu, Kepala BMKG mengimbau pemerintah daerah dan warga yang bermukim di sepanjang daerah aliran sungai dan daerah perbukitan meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana alam saat hujan lebat terjadi dalam waktu lama.

“Mohon kepada masyarakat untuk berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah. Jika tidak ada keperluan mendesak, sebaiknya di rumah saja menunggu cuaca kembali normal,” katanya. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs