Jumat, 19 April 2024

BMKG : Waspadai Potensi Hujan Sedang Hingga Lebat di Wilayah Jatim

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi Hujan. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klomatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda mengeluarkan peringatan dini pada Rabu (20/4/2022).

Dalam informasi tertulisnya, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang sesaat, diprakirakan terjadi di sejumlah wilayah Jawa Timur (Jatim) pada Rabu pagi sampai dengan Kamis dini hari, antara lain:

Pada pagi hari, hujan diprakirakan akan melanda wilayah Kabupaten Gresik, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Sementara pada siang sampai dengan sore hari, hujan dengan intensitas sedang sampai lebat disertai petir, akan mengguyur wilayah Kota Surabaya, Mojokerto, Blitar, Kediri, Malang, Batu, Probolinggo, Kabupaten Sidoarjo, Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kediri, Malang, Batu, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan dan Sampang.

Pada malam hari, hujan akan mengguyur Kota Madiun, Kabupaten Tuban, dan Magetan.

Sedangkan untuk Kamis (20/4/2022) dini hari, hujan diprakirakan mengguyur Kabupaten Gresik dan Sumenep.

Di Jawa Timur, suhu udara akan mencapai 15 – 35 derajat celcius dengan kelembapan udara 50 – 100 persen. Angin akan dominan berhembus dari utara ke timur laut, dengan kecepatan 05 – 40 km/jam.

Sementara itu BMKG Juanda juga mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah Jatim sebagai berikut:

Peringatan dini cuaca di Jawa Timur (20/4/2022). Foto : BMKG Juanda

Informasi dari BMKG Maritim Perak Surabaya pada, Rabu (20/4/2022), kondisi cuaca di seluruh wilayah perairan Jawa timur berpotensi hujan sedang.

Arah angin didominasi dari Barat – Barat Laut, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian Timur sebesar 19 knots (34 km/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 23 knots (41 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.75 m, Laut Jawa bagian Timur antara 0.3-1.5 m dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.3-3.3 m.

Waspada tinggi gelombang lebih dari 2.5 m di Perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim.(bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs