Rabu, 17 April 2024

Boris Johnson Mengundurkan Diri dari Posisi Perdana Menteri Inggris

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Boris Johnson hari ini Kamis (7/7/2022) mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri Inggris. Foto: Antara

Boris Johnson hari ini Kamis (7/7/2022) mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri Inggris, setelah muncul desakan dari para menteri dan anggota parlemen di Partai Konservatif.

“Proses pemilihan pemimpin baru harus dimulai sekarang,” kata Johnson saat mengumumkan pengunduran dirinya di pintu Downing Street Nomor 10, seperti dikutip Antara dari Reuters.

“Dan hari ini saya telah menunjuk sebuah kabinet untuk menjalankan tugas sampai pemimpin baru menjabat,” katanya.

Sebelumnya, Boris Johnson bersikeras untuk tetap memegang kekuasaan usai empat orang menteri papan atas Inggris mengundurkan diri. Jaksa agung setempat juga menyatakan harapannya agar Johnson mundur dan mengakui bahwa ia juga menginginkan jabatan PM Inggris.

Lebih dari 50 orang menteri telah mengundurkan diri dalam kurang dari 48 jam dan mengatakan bahwa Johnson tidak layak untuk memimpin usai dilanda sejumlah skandal. Sementara puluhan politisi di Partai Konservatif melakukan pemberontakan secara terbuka.

Brandon Lewis Sekretaris Irlandia Utara, menjadi menteri kabinet terbaru dan menambah daftar panjang menteri yang mengundurkan diri pada Kamis pagi, menyusul pengunduran diri dari para menteri keuangan, kesehatan, dan negara bagian Wales.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs