Sabtu, 20 April 2024

BPBD Jember Pantau Peningkatan Aktivitas Gunung Raung

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Petugas BPBD Jember memantau aktivitas Gunung Raung pascaerupsi di Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Jumat (29/7/2022). Foto: Antara

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember memantau aktivitas Gunung Raung dari sejumlah titik lokasi, gunung yang memiliki ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut (mdpl) tersebut meningkat dari Normal (Level 1) menjadi Waspada (Level 2) pada hari Jumat (29/7/2022).

“Memang benar status Gunung Raung naik menjadi Waspada mulai Jumat ini, sehingga relawan BPBD Jember memantau aktivitas gunung itu dari beberapa lokasi di Kecamatan Sumberjambe dan Ledokombo,” ujar Heru Widagdo, Sekretaris BPBD Jember, seperti yang dikutip Antara.

Tingkat aktivitas Gunung Raung dinaikkan dari Level 1 menjadi Level 2 sejak 29 Juli 2022 pukul 08.00 WIB, karena belum stabilnya kondisi kawah gunung api yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Jember.

“Kami juga telah melakukan sosialisasi kepada warga terkait peningkatan status Gunung Raung agar mereka meningkatkan kewaspadaannya, namun tidak perlu panik berlebihan,” jelas Heru.

Berdasarkan data BPBD Jember, ada beberapa kecamatan yang biasanya terdampak erupsi Gunung Raung berupa hujan abu vulkanik yakni di Kecamatan Sumberjambe, Ledokombo, Silo dan Sukowono.

“Petugas BPBD sudah melakukan antisipasi penanganan bencana erupsi Gunung Raung dengan menyiagakan relawan Tim Reaksi Cepat di sejumlah pos pantau dan membagikan masker kepada warga setempat,” katanya.

Eko Budi Lelono Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, menyampaikan surat terkait dengan peningkatan status Gunung Raung kepada Kepala BNPB, Gubernur Jawa Timur, Bupati Jember, Bupati Bondowoso dan Bupati Banyuwangi.

Surat tersebut berisi rekomendasi sehubungan dengan tingkat aktivitas Gunung Raung yang meningkat menjadi waspada yakni masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati pusat erupsi di kawah puncak dengan radius 3 kilometer.

Pemerintah daerah dan BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Jember senantiasa berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau Pos Pengamatan Gunung api Raung di Kabupaten Banyuwangi.

Kemudian masyarakat maupun pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya dapat memantau perkembangan aktivitas maupun rekomendasi Gunung Raung melalui aplikasi / laman Magma Indonesia. (ant/des)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs