Rabu, 6 Juli 2022

BPJS Kesehatan Pastikan Layanan Saat Arus Balik Berjalan Lancar

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. BPJS Kesehatan. Foto: Istimewa.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memastikan bahwa layanan posko mudik BPJS Kesehatan saat arus balik berjalan lancar.

“Kami bersyukur saat arus mudik kemarin layanan di posko berjalan lancar. Kami harapkan, kehadiran posko mudik untuk arus balik juga dapat dimanfaatkan masyarakat sebaik-baiknya,” ujar Mahlil Rubby Direktur Perencanaan, Pengembangan, dan Manajemen Risiko BPJS Kesehatan, dalam keterangan tertulis, Minggu (8/5/2022) dikutip Antara.
Ia menyampaikan, BPJS Kesehatan menghadirkan Posko Mudik di tujuh titik padat pemudik.

Adapun lima titik posko dibuka saat arus mudik pada 26 sampai dengan 1 Mei 2022 di Terminal Pulogebang Jakarta, rest area tol Cikampek Km 57, rest area tol Ungaran Km 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

Sedangkan dua titik disiapkan untuk arus balik yaitu rest area Banjaratma Km 260B Brebes dan rest area Cipali Km 164B Majalengka, mulai 4-8 Mei 2022.

Di posko mudik itu, pemudik bisa mendapatkan layanan seperti konsultasi kesehatan, pijat relaksasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency dan pemberian rujukan bila diperlukan.

Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

Mahlil mengatakan, seluruh pelayanan dan fasilitas di posko mudik BPJS Kesehatan ini bisa dinikmati secara gratis.

“Selain posko mudik, selama masa mudik Lebaran tahun 2022 ini BPJS Kesehatan juga berupaya memastikan peserta JKN-KIS tetap dapat lancar mengakses layanan, baik yang bersifat administratif maupun layanan kesehatan di fasilitas kesehatan,” tuturnya.

Pada 29 April 2022 dan 4-6 Mei 2022, seluruh Kantor Cabang dan Kantor Kabupaten/Kota BPJS Kesehatan tetap buka untuk melayani peserta JKN-KIS.

Selain Kantor Cabang, peserta JKN-KIS juga dapat mengakses Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (Pandawa) di nomor 08118165165, yang siap melayani peserta JKN-KIS secara borderless (tanpa batas). Hal ini memungkinkan proses layanan bisa dilakukan di seluruh Indonesia, tidak bergantung pada domisili KTP atau domisili peserta saat ini.

Di samping itu, peserta JKN-KIS juga bisa memanfaatkan aplikasi Mobile JKN atau menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (Chika), Voice Interactive JKN (Vika).

Selain itu, pada kondisi kegawatdaruratan medis, seluruh fasilitas kesehatan (baik yang sudah bekerja sama maupun yang belum bekerja sama dengan BPJS Kesehatan) wajib memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS.

“Kami harapkan berbagai kebijakan pelayanan bagi peserta JKN-KIS di masa libur Lebaran ini dapat bermanfaat dan memberikan kemudahan peserta dalam mengakses layanan kesehatan,” pungkas Mahlil. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
31o
Kurs