Jumat, 19 April 2024

BPS dan Pemprov Jatim Tanam Mangrove dan Tebar Benih Ikan di Hari Statistik Nasional

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Dadang Hardiawan Ketua BPS Jatim (kiri) dan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim (kanan) saat melakukan penanaman mangrove, Senin (26/9/2022). Foto: Humas Pemprov Jatim

Badan Pusat Statistik dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengadakan giat penanaman bibit mangrove, tebar benih ikan, dan benur udang dalam peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) tahun 2022 dan mempersiapkan Sensus Pertanian 2023.

Dadang Hardiawan Kepala BPS Jatim mengatakan kegiatan ini adalah upaya untuk mendekatkan diri pada responden data serta persiapan untuk Sensus Pertanian tahun depan melalui kegiatan yang bermanfaat. Utamanya yang berhubungan dengan aktivitas pangan dan perikanan.

Antara lain seperti, aktivitas pertanian seperti tanaman pangan, tanaman hortikultura, tanaman perkebunan, peternakan, kehutanan dan juga perikanan. Hal ini demi mensukseskan Sensus Pertanian yang akan dilakukan tahun depan.

“Kegiatan ini adalah wujud kepedulian seluruh insan perstatistikan di Jatim pada kelestarian lingkungan hidup yang secara bersama-sama melakukan kegiatan serupa,” kata Dadang saat di Mangrove Wonorejo, Senin (26/9/2022).

Dadang melanjutkan, kegiatan serupa itu semacam penanaman bibit Mangrove, penghijauan pada beberapa jenis lahan serta pemberian bantuan pertanian seperti benih ikan maupun bibit tanaman produktif.

Sementara itu, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menyampaikan terkait Sensus Pertanian pada Tahun 2023 mendatang meminta Kabupaten/Kota untuk memetakan area lahan hijau yang produktif untuk sawah dengan lahan tidur untuk industri.

“Jadi lahan yang tidak produktif ini bisa digunakan untuk lahan industri, tapi bagi lahan hijau yang peoduktif terutama area persawahan tolong tetap dijaga produktivitasnya sehingga bisa dimaksimalkan untuk produktivitas pangan,” kata Khofifah.

Menurutnya, tidak mudah untuk membuat pemetaan antara lahan sawah dan lahan untuk industri. Tentunya, semua Perda di masing-masing kabupaten/kota memiliki pemetaan sesuai dengan wilayahnya.

“Antara penggunaan lahan sawah dan penggunaan lahan untuk industri meskipun regulasinya sudah jelas namun sering ditemukan ada konflik kepentingan,” ujarnya.

Untuk diketahui, giat penanaman Bibit Mangrove dan Tebar Benih Ikan serta Benur Udang ini adalah rangkaian peringatan Hari Statistik Nasional tahun 2022 yang digelar BPS Jatim dan dilakukan serentak bersama 38 kabupaten dan kota.(wld/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs