Selasa, 23 April 2024

BRIN Gandeng Industri Uji Klinis Suplemen Herbal untuk Pasien Covid-19

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Arsip Foto. Peneliti mengamati ekstrak bahan herbal untuk imunomodulator atau peningkat imun tubuh di Laboratorium Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lembaga penelitian mengembangkan imunomodulator berbahan herbal seperti jahe merah, meniran, sambiloto, dan sembung untuk mendukung terapi pasien COVID-19. Foto: Antara

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggandeng PT Bintang Toedjoe untuk menguji klinis produk suplemen herbal berbahan jahe merah bagi pasien COVID-19.

“Persiapan dan proses kerja sama uji klinis dengan Bintang Toedjoe sudah dimulai sejak akhir 2020 di tengah pandemi,” kata Laksana Tri Handoko Kepala BRIN sebagaimana dikutip dalam siaran pers BRIN di Jakarta, Kamis (17/2/2022).

BRIN akan melakukan uji klinis penggunaan suplemen herbal berbahan jahe merah mulai 18 Februari 2022 pada pasien COVID-19 dengan gejala ringan di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta.

Uji klinis dilakukan guna menguji khasiat dan keamanan suplemen herbal untuk terapi adjuvan pada pengobatan standar pasien COVID-19 dengan gejala ringan yang menjalani rawat inap.

Pelaksana tugas Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN Mego Pinandito mengatakan bahwa uji klinis akan dilakukan secara acak, terkontrol, tersamar ganda.

“Uji klinis ini adalah yang pertama dari program uji klinis BRIN yang secara menyeluruh tahun pertamanya dilaksanakan pada tahun ini,” tutur Mego seperti yang dilansir Antara.

Fanny Kurniati Presiden Direktur PT Bintang Toedjoe berharap suplemen herbal berbahan jahe merah dapat digunakan untuk membantu penanganan pasien COVID-19 setelah uji klinis dilakukan.

Jahe merah atau Zingiber officinale var. Rubrum memiliki kandungan minyak atsiri lebih tinggi dari jenis jahe yang lain dan sering digunakan sebagai bahan jamu.

Beberapa penelitian menunjukkan jahe merah dapat membantu meredakan demam serta radang dan serangan bakteri.

Produk suplemen berbahan jahe merah diharapkan mendatangkan dampak positif pada kesembuhan pasien COVID-19.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
29o
Kurs