Kamis, 25 April 2024

Bus Parwisata Terguling di Tol Porong, Tiga Penumpang Meninggal Dunia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Proses evakuasi para penumpang bus yang terlibat kecelakaan di ruas Tol Porong - Sidoarjo, tepatnya di km 762.800 pada Senin (10/10/2022) dini hari. Foto: Alfi via WA SS

Sebuah bus pariwisata terlibat kecelakaan tunggal di ruas Tol Porong – Sidoarjo, tepatnya di km 762.800 pada Senin (10/10/2022) dini hari, sekitar pukul 02.45 WIB. Kecelakaan itu mengakibatkan tiga penumpang bus meninggal dunia di lokasi, dan 37 orang mengalami luka ringan dan enam lainnya dilaporkan luka berat.

Bus tersebut diketahui baru saja melakukan perjalanan pariwisata dari Pulau Bali, dan saat terlibat kecelakaan sedang dalam perjalanan pulang menuju ke Krian.

Ipda Dodik Panit PJR Tol Jatim 2 pada Radio Suara Surabaya, Senin pagi mengatakan, sebelum kecelakaan terjadi bus tersebut dilaporkan melaju dengan kecepatan tinggi melewati bahu jalan (lajur paling kiri).

“Saat tiba di lokasi kejadian, posisi jalan menyempit dari tiga ke dua lajur. Sopir (bus) kaget sampai akhirnya menyerempet pagar tol lalu menyerempet tiang beton jembatan overpass, akhirnya banting setir ke kanan. Kemudian karena kecepatan yang tinggi tadi, menabrak sekitar lima barrier beton yang ada di jalur tengah sampai rubuh, dan akhirnya bus terguling melintang menutup hampir seluruh lajur,” jelasnya.

Iptu Dodik menjelaskan, saat ini para korban baik yang meninggal maupun mengalami luka-luka sudah dibawa ke tiga rumah sakit (RS) yang ada di Kabupaten Sidoarjo, yakni di RSUD, RS Porong dan RS Delta Surya.

Kecelakaan tersebut, sempat membuat ruas Tol Porong-Sidoarjo mengalami kemacetan cukup panjang. Namun, pada sekitar pukul 5.30 setelah bus berhasil dievakuasi, kepadatan lalu lintas mulai berangsur mencair.

Panit PJR Tol Jatim 2 itu menyebut, sopir bus beserta kernetnya mengalami luka berat sehingga belum bisa dimintai keterangan lebih lanjut. Selanjutnya untuk kasus kecelakaan tersebut sudah dilimpahkan unit PJR Jatim 2 kepada unit Laka Lantas Polresta Sidoarjo. (bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs