Kamis, 7 Juli 2022

Buya Syafii Maarif Mantan Ketum PP Muhammadiyah Wafat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Prof DR KH Syafii Maarif (Buya Maarif). Foto: Antara

Kabar duka datang dari keluarga besar Organinasi Muhammadiyah. Hari ini, Jumat (27/5/2022), Prof Dr Ahmad Syafii Maarif mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah wafat.

Cendekiawan muslim yang akrab disapa Buya Syafii, wafat sekitar pukul 10.15 WIB, di Rumah Sakit Pembinaan Kesejahteraan Umat (PKU) Muhammadiyah, Gamping, Sleman, Yogyakarta.

Wafatnya tokoh nasional itu dikonfirmasi Mahfud MD Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam).

Lewat pesan singkat, Mahfud menyampaikan ikut berduka, dan mendoakan yang terbaik buat almarhum.

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Telah wafat Buya Ahmad Syafii Maarif mantan Ketua PP Muhammadiyah pada hari ini jam 10.15 di Yogyakarta. Umat Islam dan Bangsa Indonesia kehilangan lagi seorang tokoh besarnya. Semoga Buya Syafii diampuni segala dosanya dan mendapat surga-Nya,” kata Mahfud.

Selain itu, Haedar Nashir Ketua Umum PP Muhammadiyah dalam keterangan tertulisnya Jumat pagi berharap, agar bangsa Indonesia memaafkan dan mendoakan almarhum.

“Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan kuburnya dan ditempatkan di jannatun na’im,” kata Haedar.

Sebelumnya, pada Sabtu (14/5/2022), tokoh Muhammadiyah yang sudah berusia 86 tahun itu sempat dirawat di rumah sakit karena mengalami sesak nafas.

Tanggal 17 Mei 2022, Pihak Rumah Sakit Muhammadiyah mengabarkan kondisi Buya Syafii sudah stabil. Tapi, dia belum bisa beraktivitas karena butuh banyak istirahat.(rid/bil/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Kamis, 7 Juli 2022
27o
Kurs