Selasa, 16 April 2024
Pemkab Sidoarjo

Capaian Kinerja Bupati Sidoarjo Dalam Kaleidoskop 2022

Laporan oleh Tim Redaksi
Bagikan
Proyek pembangunan infrastruktur di antaranya Frontage Road di Kabupaten Sidoarjo dikerjakan saat kepemimpinan Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo. Foto: Diskominfo Sidoarjo

Kinerja Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali dalam mengubah wajah Kota Delta selama kurun waktu memasuki tahun kedua terbilang melebihi ekspetasi publik. Sejumlah proyek pembangunan infrastruktur menunjukkan progres signifikan. Publik memberikan nilai positif dan menunjukkan optimismenya terhadap kinerja pemerintahan saat ini.

Sepanjang tahun 2022 sejumlah proyek strategis yang sudah dicapai di antaranya proyek Flyover Aloha, Frontage Road, Pelebaran Pertigaan Bangah Aloha, Flyover JPL 64 Krian dan Flyover JPL 79 Tarik serta proyek jalan beton yang dalam 2 tahun terakhir dikerjakan masif.

Proyek Flyover Aloha dan Frontage road dikebut Ahmad Muhdlor Bupati Sidoarjo agar kemacetan di Bundaran Aloha dan jalan keluar masuk menuju kawasan Bandara Internasional Juanda itu segera terurai. Sedangkan proyek jalan beton memberikan dampak pada kelancaran aktivitas ekonomi masyarakat. Termasuk proyek Flyover JPL 64 Krian dan JPL 79 Tarik akan mengurai kemacetan di jalan perlintasan sebidang menuju Pasar Krian.

Gus Muhdlor sapaan akrab Bupati Sidoarjo ini memastikan proyek jalan beton akan dilanjutkan tahun depan. Targetnya tahun 2024 nanti jalan antar desa mayoritas sudah dibeton. Begitu juga dengan proyek jalan Frontage Road yang ditargetkan tembus Surabaya.

“Sasaran utama pembangunan ini adalah untuk memperlancar aktivitas ekonomi sebagai upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19,” ujar Gus Muhdlor.

Putra pengasuh Pondok Pesantren Bumi Sholawat Lebo KH. Agoes Ali Masyhuri itu menegaskan, keberpihakannya pada ekonomi kerakyatan adalah yang utama. Oleh karenanya, 17 program prioritas yang sudah tertuang di RPJMD 2021 – 2026 itu saling terintegrasi satu sama lain.

Proyek pembangunan taman di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Foto: Diskominfo Sidoarjo

Sektor ekonomi kreatif diberikan ruang lebih dan kemudahan oleh pemkab dalam mengembangkan usahanya. Kemudahan itu diwujudkan dalam bentuk program bantuan modal usaha dan subsidi kredit modal usaha dengan bunga ringan.

“Kebijakan yang kita bangun adalah kebijakan yang berpihak pada kemudahan investasi dan ekonomi kerakyatan. Kemudahan akses jalan adalah salah satu yang mendukung masuknya investor ke Sidoarjo. Bantuan modal usaha (Kurma) serta kredit bunga ringan Kurda Sayang adalah program ekonomi kerakyatan yang membantu pelaku UMKM dan ekonomi kreatif berkesempatan mengembangan usahanya,” terangnya.

Ini sejumlah capaian kinerja Bupati Sidoarjo sepanjang tahun 2022. Di bidang kesehatan, pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat masuk dalam prioritas Bupati Gus Muhdlor. Peningkatan pelayanan kesehatan di Puskesmas ditingkatkan.

Kepala Puskemas se-Kabupaten Sidoarjo diminta kerja keras memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Penambahan sejumlah Puskesmas tahun 2022 ini bagian dari optimalisasi pelayanan kesehatan dasar masyarakat. Tahun ini 3 Puskesmas baru mulai beroperasi. Ketiga Puskesmas itu yakni Puskesmas Wonokasian, Puskesmas Tarik 2 dan Puskesmas Tambak Rejo. Di tahun yang sama Bupati Gus Muhdlor menambah lagi 1 unit Puskesmas di Urangagung Sidoarjo.

Total ada 31 Puskemas yang dimiliki Pemkab Sidoarjo. Kemudian ditunjang 56 Puskesmas Pembantu (Pustu) dan 23 Puskemas Keliling. Di tahun ini juga Pemkab Sidoarjo telah resmi memiliki 2 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Ini setelah dilakukan peresmian RSUD Sidoarjo Barat oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor pada 24 Agustus 2022 lalu.

Membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul juga tidak luput dari kerja prioritas Gus Muhdlor. Tahun 2022 ini telah rampung membangun 1 unit sekolah SMP Negeri di Kecamatan Tulangan. Sekarang setiap kecamatan telah memiliki 2 sekolah SMP Negeri. Kecuali Kecamatan Prambon masih dalam proses pembasan lahan untuk dibangun SMP Negeri 2 Prambon.

Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Pendidikan telah beberapa kali membuat gerakan literasi, puncaknya dengan menggelar Festival Literasi Sidoarjo 2022 pada September lalu. Disusul dengan gerakan cinta budaya asli Sidoarjo dengan membuat Udeng Pacul Gowang secara massal oleh seribuan pelajar SMP Negeri 4 Sidoarjo dan menari Ngoyek Kupang secara kolosal oleh seribuan pelajar serta para alumni SMP Negeri 2 Candi.

Penataan sejumlah taman dan RTH (Ruang Terbuka Hijau) juga dilakukan di sejumlah titik. Termasuk juga membangun Tugu seperti di perempatan Babalayar Ramayana. Tahun ini pemkab telah membangun Taman Ilyushin di Raya Juanda.

Di bidang pencegahan bencana, Gus Muhdlor membangun 5 rumah pompa. Salah satunya rumah pompa depan Lippo Mall Plaza. Empat lainnya berada di Kecamatan Tanggulangin di Desa Banjarpanji, Banjarasri, dan Penatarsewu.

Sepanjang 2022 ini Dinas PU Bina Marga dan SDA Sidoarjo menormalisasi puluhan kali yang sudah mengalami pendangkalan. Total ada 86 titik kali/sungai yang dinormalisasi sebagai upaya pencegahan banjir. Dan di tahun ini juga Pemkab membangun lima jembatan. Lokasinya tersebar di beberapa kecamatan. Di antaranya Kecamatan Sedati, Waru, Krian, Buduran, dan Balongbendo.(adv/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
32o
Kurs