Jumat, 26 April 2024

Content Creator dan Influencer Dinilai Punya Peran Besar untuk Edukasi Gen Z Soal Pancasila

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi anak dan digitalisasi sekolah. Foto: Kemdikbud

Doktor Hervina Puspitosari Dosen Hukum UPN Veteran Jatim menyebut, pemahaman Gen Z soal Pancasila penting untuk terus digaungkan. Karena, arah kemajuan bangsa 20 tahun kedepan sangat bergantung pada generasi yang terlahir pada periode tahun 1996 sampai 2012 itu.

“Nilai-nilai Pancasila ini saya berharapnya selain harus dimasukan ke pembelajaran setiap hari di lingkungan pendidikan, juga ditanamkan dalam kegiatan-kegiatan lain diluar itu (pendidikan). Seperti Webinar-webinar yang banyak diselenggarakan oleh komunitas-komunitas,” ujar Hervina pada Radio Suara Surabaya, Sabtu (1/10/2022) pagi.

Menurutnya, munculnya degradasi moral atau menurunnya norma-norma tingkah laku yang banyak disebut melekat pada Gen Z karena kemajuan teknologi, sebenarnya juga bisa diimbangi dengan menanamkan konten-konten positif pada media sosial.

Menurutnya, para content creator dan influencer yang saat ini banyak disenangi oleh generasi muda tersebut, punya andil besar dalam mengedukasi penanaman nilai-nilai Pancasila dalam setiap karyanya.

“Jadi kita bisa membuat Vlog Pancasila, ataupun konten Tiktok Pancasila dan sebagainya. Kalau Gen Z memang tidak suka dengan konten-konten tersebut, yah memang ini tantangannya. Untuk itu jangan sampai acuh, harus terus dicoba,” ungkapnya.

Dosen Hukum UPN Veteran Jatim itu juga mengungkapkan, jika kedepan baik Gen Z maupun generasi dibawahnya benar-benar kehilangan nilai-nilai Pancasila, maka akan sangat buruk untuk kemajuan bangsa.

“Pancasila itu ideologi negara kita, generasi muda tidak boleh melupakan nilai-nilainya. Apalagi sampai lupa dan tidak menghargai perjuangan para Pahlawannya. Bisa-bisa tidak menghargai sesama,” pungkasnya. (bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs