Rabu, 1 Mei 2024

Dosen Ini Tekankan Team Work Bukan Bekerja Bersama, Tapi Berkolaborasi

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi.

Endo Wijaya Kartika Dosen Manajemen SDM Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya menekankan pentingnya team work dalam kultur bekerja di sebuah perusahaan.

Ia menegaskan, team work bukan hanya bekerja bersama-sama, tapi berkolaborasi dengan memberikan nilai (value) lebih kepada perusahaan.

“Kadang orang-orang ngomong team work dibahasakan bekerja bersama-sama, bakerjanya bareng-bareng aja. Tapi bukan, yang benar berkolaborasi. Dengan harapan team work bisa memberikan nilai tambah,” kata Endo kepada Radio Suara Surabaya, Kamis (13/1/2022) malam.

Ia menambahkan, maksud dari berkolaborasi yang ia maksud adalah memanfaatkan kelebihan untuk melengkapi kinerja tim dan anggota tim yang lain melengkapi kekurangan yang kita miliki.

Dengan begitu, lanjutnya, setiap anggota memiliki kontribusi terhadap tim. “Jadi masing-masing punya kontribusi agar valuenya berbeda,” jelasnya.

Endo juga menyebut pentingnya perusahaan memberikan pelatihan kepada karyawan, agar karyawan tetap produktif dan menjaga motivasi kerja.

“Perusahaan punya kewajiban membekali karyawan. Karena karyawan apalagi baru, seperti lembaran putih, sehingga (ibaratnya) perlu diberi gambar atau tulisan, memberikan value-value perusahaan agar karyawan juga siap,” ujarnya.

Karyawan sendiri juga harus memupuk mental yang positif dan adaptif. Mulai sekarang, mereka harus intropeksi diri mengenai kualitas kinerja masing-masing.

“Sejak sekarang harus berkaca pada diri sendiri. Ok, sekarang bagaimana? Apa sudah cukup sukses? Yakin sama kemampuan diri kita?,” katanya.

Jika tidak, maka saat karyawan keluar dari zona nyamannya, ditakutkan mereka akan kurang percaya diri dan tidak memiliki optimisme dalam bekerja.

Mereka juga diminta untuk berani dari confort zone dan siap untuk berubah menjadi lebih baik.

“Kalay takut berubah otomatis kita di situ-situ saja,” ujarnya.(tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
29o
Kurs