Kamis, 25 April 2024

DPRD Surabaya Usulkan Jalur Pelayaran Surabaya-Maumere Kembali Dibuka

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
A.H Thony Wakil Ketua DPRD Surabaya. Foto: Antara

Pimpinan DPRD Kota Surabaya mengusulkan dibukanya kembali jalur pelayaran, antara Kota Surabaya Jawa Timur dengan Maumere di Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur (NTT), yang sudah lama terputus.

A.H. Thony Wakil Ketua DPRD Surabaya mengatakan, hasil bumi dari Maumere tidak bisa keluar ke Surabaya dan sebaliknya serta komoditi dari Surabaya tidak bisa masuk langsung ke daerah tersebut. Akibatnya pertumbuhan di kawasan Indonesia Timur ini mengalami kemerosotan tajam.

“Ini untuk meningkatkan kerja sama antar Kota Surabaya dan Kabupaten Sikka,” jelasnya pada Senin (7/3/2022). mengutip dari Antara.

Sampai saat ini arus perdagangan Surabaya-Maumere memang masih berlangsung, meskipun harus melewati jalur pelayaran yang lebih panjang. Hal ini tentunya berdampak pada pembiayaan yang sangat tinggi, apalagi dengan adanya kebijakan pembatasan selama masa pandemi Covid-19.

Agar hal tersebut tidak terus terjadi, Thony mengatakan Pemerintah Kota Surabaya harus merespon dengan cepat, upaya kerjasama yang telah diajukan oleh Pemerintah Kabupaten Sikka. Bahkan bila perlu Pemerintah Kota Surabaya, harus bisa menjadi leader daerah lain, terutama optimalisasi di sektor perdagangan dengan pelabuhannya yang besar.

Thony sendiri mengaku telah memfasilitasi Fransiscus Roberto Diogo Bupati Sikka saat berkunjung ke Surabaya beberapa hari lalu, dalam upaya mendapatkan informasi dan menjajaki peluang kerja sama dengan Pemerintah Kota.

“Bupati Sikka saat itu menawarkan kerja sama dalam tiga bidang yakni bidang pendidikan, kesehatan dan dan ekonomi,” terangnya.

Untuk kerja sama bidang ekonomi, lanjut Thony, Kabupaten Sikka melimpah hasil bumi berupa coklat, vanili, cengkeh, pinang, ikan laut kualitas ekspor dan lainnya.

“Diharapkan hal-hal yang dibutuhkan di Surabaya, Pemkab Sikka siap memasok dan begitu sebaliknya. Sikka sedang gencar melakukan pembangunan barang-barang kebutuhannya didatangkan dari Surabaya,” katanya.

Disisi lain hasil tangkapan di laut di Kabupaten Sikka, dipercaya memiliki kualitas yang lebih baik dari wilayah laut Surabaya.

“Kalau kerja sama terjadi, maka yang ikut kerja sama tidak hanya Pemkab Sikka, tapi juga seluruh pemkab di NTT lainnya,” pungkasnya. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs