Jumat, 3 Februari 2023

Dua Sampai Tiga Minggu ke Depan Hasil TGIPF Akan Disampaikan ke Presiden

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi Kanjuruhan telah menggelar rapat perdana di Kantor Menko Polhukam, Jl Merdeka Barat No 15 Jakarta Pusat, Selasa (4/10/2022) malam. Foto: Mahfud MD

Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi Kanjuruhan telah menggelar rapat perdana di Kantor Menko Polhukam, Jl Merdeka Barat No 15 Jakarta Pusat, Selasa (4/10/2022) malam.

Mahfud MD Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) sekaligus ketua TGIPF mengatakan, rapat tersebut dihadiri oleh semua anggota tim yang berjumlah 13 orang.

“Tim bersepakat untuk segera bekerja dan mencari akar masalah, serta memberi rekomendasi untuk menghentikan masalah-masalah yang selalu terjadi,” kata Mahfud MD, mengutip akun Instagram resminya, pada Rabu (5/10/2022).

Mahfud mengatakan, ia dan tim akan merekomendasikan penjatuhan sanksi bagi pihak-pihak yang melakukan pelanggaran. Selain itu, pihaknya juga akan merekomendasikan sinkronisasi regulasi baik regulasi FIFA dan peraturan perundangan sepak bola Tanah Air.

“InsyaAllah dalam dua hingga tiga pekan ke depan, tim sudah dapat menyampaikan hasil kerjanya kepada Presiden,” ungkap Mahfud MD.

Sementara Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga mengatakan, rapat perdana yang dihadiri anggota dengan berbagai latar belakang ini agendanya adalah menyamakan persepsi.

“Nanti tim akan terjun langsung ke Malang dan targetnya secepatnya menyelesaikan pekerjaan ini,” imbuhnya, seperti dilansir dari situs resmi Kemenpora.

TGIPF ini diketuai oleh Mahfud MD, kemudian Zainudin Amali Wakil Ketua dijabat oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dan Nur Rochmad mantan Jaksa Agung Muda Pidana Umum sebagai Sekretaris.

Sementara Anggota TGIPF antara lain, Rhenald Kasali Akademisi Universitas Indonesia (UI), Sumaryanto Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Akmal Marhali Pengamat Sepak Bola, Anton Sanjoyo Jurnalis Kompas, Nugroho Setiawan mantan Pengurus PSSI, Doni Mornardo mantan Kepala BNPB, Mayjen (Purn) SuwarnoWakil Ketua Umum 1 KONI, Irjen (Purn) Sri Handayani Mantan Wakapolda Kalimantan Barat, Laode M. Syarif mantan Wakil Ketua KPK, dan Kurniawan Dwi Yulianto mantan pemain Timnas Indonesia. (dfn/rst)

Berita Terkait