Kamis, 16 Mei 2024

Empat Mahasiswa Unusa Ciptakan Safety Goggles Myopi Bagi Pekerja

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Mahasiswa Unusa yang membuat Safety Goggles Myopi alias kacamata pelindung bagi pekerja. Foto: Humas Unusa

Empat mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) membuat Safety Goggles Myopi alias kacamata pelindung bagi pekerja.

Keempat mahasiswa itu adalah Naufal Ilham Saputra, Husnul Kirom Ramadhani, Amrina Rosyadah ketiganya mahasiswa dari Prodi D4 Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) dan Violin Margaretha Puspita Ningrum dari prodi S1 Keperawatan. Keempatnya lolos dalam Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) program Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan teknologi (Kemdikbud Ristek) Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti).

Naufal mengungkap, pembuatan kacamata ini dilatarbelakangi karena banyak pekerja pada sektor industri dan kontraktor yang mengalami masalah pada mata. Ditambah kurangnya pemahaman penggunaan kacamata pelindung di saat melakukan pengelasan.

“Jadi kami membuat kacamata ini biar para pekerja tidak kesulitan dalam menjalankan pekerjeaan karena masalah pada matanya,” ungkap Naufal.

Naufal menjelaskan jika dalam dunia industri kontraktor sering terjadi kecelakaan yang diakibatkan kondisi kesehatan mata menurun atau minus.

“Jadi kacamata ini bisa menyesuaikan lensa kacamatanya dari penggunanya sehingga bisa melihat dengan nyaman,” ujarnya.

Safety Goggles Myopi memiliki tiga lapis lensa yaitu lapisan terluar adalah kaca pelindung untuk mata, lapis kedua lensa minus atau silinder dari pekerja, dan lapis ketiga kaca hitam standar untuk mengelas.

Naufal menjelaskan kaca hitam yang digunakan untuk mengelas bisa dibongkar pasang.

Naufal menceritakan jika dalam pembuatan Safety Goggles Myopi ia dan teman-temannya mencoba beberapa kali hingga akhirnya bentuk kacamata ini yang bisa dimaksimalkan.

“Jadi dua kali kami membuat konsep kacamata bagi pekerja ini, dan yang terbaru ini serta mendapatkan tanggapan yang cukup bagus bagi penggunanya,” ungkapnya.

Safety Goggles Myopi memiliki keunggulan dengan memiliki 3 in 1 lapis kaca atau lensa, didukung striper yang bisa disesuaikan dengan ukuran kepala, lensa frame minusnya bisa dilepas, dan look-nya lebih sporty.

Produk ini sudah tersedia di market place seperti Shopee dengan nama SGM.goid serta dibandrol dengan harga Rp275 ribu.

“Alhamdulillah sudah beberapa orang yang pesan dan sudah digunakan lebih enak karena nyaman saat digunakan,” terangnya.(dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
25o
Kurs