Jumat, 19 April 2024

Energi Baru Terbarukan Solusi Atasi Krisis Dampak Perang Rusia-Ukraina

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pemasangan panel surya dilakukan di kantor PLN UPDK Barito. Foto: Antara

Energi baru dan terbarukan dalam bauran energi dinilai dapat menjadi solusi guna mengatasi krisis energi yang terjadi saat ini dampak konflik geopolitik Rusia dengan Ukraina yang telah membuat harga minyak mentah dunia terkerek naik.

Yuli Setyo Indartono, Ketua Pusat Penelitian Energi Baru dan Terbarukan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam keterangan di Jakarta, Minggu (28/8/2022), mengatakan tidak ada jaminan harga BBM tidak naik lagi di masa depan. Oleh karena itu, Indonesia perlu meningkatkan penggunaan biodiesel, gasifikasi batu bara, dan biomassa.

“Kendaraan elektrik juga opsi yang tepat. Norwegia misalnya sudah mencapai 94 persen dan subsidinya pun menyasar segmen masyarakat yang tepat,” ujar Yuli dikutip dari Antara.

Yuli mengingatkan pemerintah bahwa insentif bagi rakyat di tengah kenaikan harga BBM tidak hanya berupa bantuan langsung tunai dan bantuan sosial, tetapi memperlebar subsidi agar bisa mencakup kompor listrik dan kendaraan listrik.

Menurutnya, dukungan terhadap kompor listrik dan kendaraan listrik melalui subsidi cukup bermanfaat bagi rakyat. Hal ini sejalan dengan program Indonesia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Sementara itu, Imron Cotan, pemerhati politik internasional dan isu-isu strategis memandang Indonesia sudah waktunya memprioritaskan dan meningkatkan penggunaan energi bersih dalam bauran energi supaya bisa menggantikan energi fosil yang tidak berkelanjutan karena tinggi emisi karbon.

“Energi fosil ini tidak berkesinambungan dan juga tak ramah lingkungan karena emisi karbon yang dihasilkannya,” terang Imron.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa fluktuasi harga minyak dunia juga membuat energi fosil semakin tak menguntungkan bagi Indonesia dalam jangka panjang.

“Kenaikan harga minyak dunia membuat APBN kita tertekan, sehingga semakin membuka mata kita bahwa energi terbarukan harus memegang peranan penting ke depannya,” jelas Imron.

Pada 2021, kapasitas terpasang setrum bersih di Indonesia hanya sebesar 11,15 gigawatt dengan angka pertumbuhan rata-rata sebesar 4,3 persen per tahun.

Disebutkan, harga perangkat energi hijau yang semakin kompetitif, terutama harga panel surya yang terus menurun dari waktu ke waktu membuat pemanfaatan setrum bersih kian menarik, apalagi didukung teknologi baru mulai dari pumped storage yang diterapkan pada pembangkit listrik tenaga air, hidrogen, dan sistem penyimpanan energi berbasis baterai (BESS).

Kementerian ESDM mengungkapkan harga pembangkit intermittent telah turun hampir 80 persen dalam kurun waktu 10 tahun terakhir dari 5.000 dolar AS per kWh menjadi 1.000 dolar AS per kWh.

Hery Sucipto, Direktur Eksekutif Moya Institute meminta Pemerintah Indonesia untuk memikirkan ulang harga BBM bersubsidi yang berlaku saat ini mengingat harga minyak dunia yang tinggi.

Ia memandang wajar bila harga BBM bersubsidi ini ditinjau kembali, sebab kenaikan harga minyak dunia berpotensi menguras keuangan negara apabila penyesuaian harga BBM bersubsidi tak dilakukan oleh pemerintah.(ant/gat/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs