Jumat, 29 Maret 2024

ESN Teliti Kandungan Mikroplastik di Durian Wonosalam, Ini Hasilnya

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Hasil dari penelitian Ekspedisi Sungai Nusantara, meski kandungan air di Kali Gogor ditemukan mikroplastik tapi dalam durian nihil, Selasa (1/2/2022). Foto: Ecoton

Kegiatan Ekspedisi Sungai Nusantara(ESN)  Ecoton bersama Polisi Air SMPN 1 Wonosalam menguji kandungan mikroplastik di Kali Gogor dan durian Wonosalam. Ekspedisi dimulai di Kali Gogor anak Sungai Brantas di Wonosalam sejak Minggu (27/2/2022) hingga Selasa (1/3/2022).

“Kami ingin menguji kandungan mikroplastik dalam durian dan air Wonosalam, selama ini penelitian menemukan mikroplastik sudah masuk dalam air dan ikan di sungai Brantas dan temuan terbaru di Eropa menunjukkan bahwa mikroplastik sudah masuk dalam apel dan wortel, maka kami ingin uji kandungan mikroplastik dalam durian Wonosalam,” ujar Daru Setyorini peneliti dari Ecoton.

Tim Polisi Air kemudian menuju ke hulu  Gogor untuk mengambil sample air sebanyak 10 liter dan 10 gram buah durian. Sample air dan durian kemudian diamati di bawah mikroskop makro dengan pembesaran 100 hingga 400 kali.

“Dalam air kali Gogor kami temukan 27 mikroplastik jenis fiber, 11 filamen dan 8 fragmen total 46 mikroplastik sedangkan dalam durian tidak kami temukan mikroplastik” ungkap Irkham Maulana mahasiswa fakultas pertanian UTM Madura.

Temuan ini menunjukkan telah terjadi pencemaran mikroplastik di kali Gogor dengan ditemukannya 46 partikel mikroplastik dalam 10 liter air. Kondisi ini disebabkan banyaknya sampah plastik dan buangan limbah domestik ke sungai Gogor.

“Mikroplastik adalah serpihan atau pecahan plastik berukuran lebih kecil dari 5 mm yang bersumber dari sampah plastik yang banyak dibuang ke sungai, dominasi mikroplastik jenis fiber dimungkinkan karena banyaknya sampah popok bekas yang seratnya tercecer di air sungai,” jelas Irkham.

“Meskipun air sungai tercemar mikroplastik namun durian Wonosalam nihil mikroplastik,” tegasnya.(man/dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs