Jumat, 29 Maret 2024

Fosil Gading Gajah Purba Sepanjang 2,5 Meter Ditemukan di Situs Patiayam Jawa Tengah

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Proses eksvakasi gading gajah purba yang ditemukan di Situs Patiayam, Jawa Tengah. Foto: Antara

Fosil gading gajah purba sepanjang 2,5 meter ditemukan di kawasan Situs Patiayam di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Berdasarkan keterangan tim ahli, usia fosil tersebut dari segi geologinya berusia antara 750.000 hingga 1,5 juta tahun yang lalu.

Mutrikah, Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus membenarkan adanya temuan fosil gading gajah sepanjang 2,5 meter di kawasan Situs Patiayam sekitar enam bulan lalu.

Temuan tersebut, kata dia, sudah ditindaklanjuti dengan kegiatan penyelamatan temuan fosil gading gajah purba bersama tim Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran dan proses pemberian poly oretan dan pengangkatan temuan untuk dibawa ke Museum Situs Purbakala Patiayam.

“Saat ini sudah berada di Museum Situs Patiayam,” ujar Mutrikah, Kamis (18/8/2022), seperti dikutip dari Antara.

Jamin Koordinator Museum Purbakala Patiayam Kudus menambahkan, fosil tersebut ditemukan oleh Ronzi warga Desa Terban ketika tengah melakukan aktivitas cocok tanam di sekitar bukit Patiayam.

Setelah mendapatkan laporan warga, kata dia, temuan tersebut dilaporkan ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus. Kemudian diteruskan ke BPSMP Sangiran.

“Kebetulan BPSMP Sangiran ada agenda penyelamatan situs Patiayam,” ujarnya.

Kemudian pada awal Agustus 2022, kata dia, dilakukan proses evakuasi dan tanggal 8 Agustus 2022 dievakuasi ke Museum Patiayam Kudus.

Ia mengungkapkan kondisi gading gajah tersebut termasuk masih bagus karena masih terlihat utuh. Temuan lainnya, yakni fosil fragmen tulang belakang gajah purba dan sudah dievakuasi ke museum.

Dengan ditemukannya fosil gading gajah tersebut, maka hingga kini tercatat sudah ada 40 gading gajah purba, sedangkan kondisinya yang masih utuh sekitar 25 gading dan terpanjang sekitar 4 meter.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Arkeolog Gali Fosil Gajah Raksasa Mammoth


Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs