Senin, 23 Mei 2022

Gairahkan Belanja Sayur Lokal, Vegelentine Rebut Gold di Citra Pariwara P3I

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Fiona (baju putih) dan Priscilia (baju kuning) menangi juara di Citra Pariwara P3I mengangkat petani sayur lokal. Foto: Humas UK Petra

Dua mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra (UK Petra) berhasil meraih Gold dalam ajang Citra Pariwara Kategori BG Award yang digelar Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) di Jakarta. Mereka adalah Fiona Evangeline Onggodjojo dan Priscilia Trisyanti Halim, mahasiswi Program Strategic Communication semester tujuh.

Masih dalam masa pandemi Covid-19, maka kompetisi berskala nasional ini dilaksanakan secara online. Para peserta diminta membuat campaign digital khusus untuk TikTok for Business dari sebuah brand bernama Sayur Lokal. Sayur Lokal merupakan media para petani untuk menjual sayuran ke masyarakat, dan permasalahan yang dihadapi adalah keinginan mendorong masyarakat untuk membeli sayur langsung dari petaninya secara online, dalam hal ini melalui TikTok.

Peserta diminta mengumpulkan ide campaign maksimal 10 slide powerpoint dalam Bahasa Inggris. “Sebelum kami mulai memikirkan ide campaign, kami mencari-cari insight terlebih dulu. Melalui insight yang kami dapat, kami melihat pointnya ada pada rasa kasih sayang. Maka dari itu kami mencoba mengaitkan dengan hari kasih sayang atau hari valentine, ” terang Fiona Evangeline Onggodjoyo Rabu (19/1/2022).

Bersama Priscilia Trisyanti Halim, Fiona kemudian membuat campaign bertajuk Vegelentine, di mana orang-orang dapat mengungkapkan rasa sayang kepada keluarga maupun kerabat dengan memberikan sayur segar langsung dari petani.

Melalui insight yang didapat Fiona dan Pricilia menunjukkan bahwa saat ini anak-anak muda justru lebih memilih untuk belanja online, satu diantara alasannya yaitu menjaga orang tua atau orang-orang yang mereka sayangi dari virus Covid-19. “Untuk ide kreatif, kami gunakan #HariKasihSayur, yang diambil dari Hari Kasih Sayang. Bentuk sayang kita wujudkan dalam bentuk sayur. Sayur menjadi lambang kasih sayang kita pada keluarga maupun kerabat kita. Selain karena sehat, kita juga ingin memberikan yang terbaik untuk orang yang kita sayang, sehingga sayur merupakan pilihan yang tepat, ” papar Pricilia.

Fiona dan Pricilla juga memanfaatkan fitur-fitur yang ada di TikTok for Business, ide kreatif mereka yaitu membuat teaser berupa digital video 15 detik. Kemudian membuat video iklan dengan menggandeng Raffi Ahmad dan Nagita Slavina saat launching. Selain itu, ada juga aktivitas-aktivitas digital di antaranya pemakaian #HariKasihSayur dan juga game filter yang nantinya diarahkan ke website atau TikTok shop Sayur Lokal.

Meskipun sempat kesulitan dalam mencari ide, namun keduanya membuktikan kemampuan dan kreativitasnya, serta berhasil mengalahkan 47 kelompok lainnya tingkat mahasiswa di seluruh Indonesia.(tok/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Senin, 23 Mei 2022
30o
Kurs