Sabtu, 20 April 2024

Guncangan Gempa Garut Dirasakan Sampai Bandung

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Gempa M6, 4 mengguncang Garut, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022). Foto: BMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa berkekuatan magnitudo 6,4 yang mengguncang beberapa wilayah di Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022), berpusat di Kabupaten Garut.

Teguh Rahayu Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung mengatakan gempa itu terjadi pukul 16.49 WIB. Adapun pusat gempa itu berada di barat daya Kabupaten Garut dengan kedalaman 118 kilometer.

“Dalam beberapa menit pertama setelah gempa, parameter gempa dapat berubah dan boleh jadi belum akurat,” kata Rahayu di Bandung, Jawa Barat, seperti dilaporkan Antara.

Adapun gempa itu memiliki titik koordinat di 7.49 lintang selatan dan 107.58 bujur timur. Warga di beberapa daerah Jawa Barat pun sempat merasakan guncangan gempa itu.

Pihaknya mencatat daerah yang merasakan gempa itu mulai dari Tasik, Sukabumi, Garut, Bandung, dan beberapa daerah lainnya.

Rahayu mengatakan titik gempa itu di daratan sehingga tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Menurutnya, kedalaman gempa itu masuk ke kategori menengah sehingga guncangannya masih bisa dirasakan.(ant/iss)

Berita Terkait

Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Kabupaten Garut


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
33o
Kurs