Rabu, 1 Mei 2024

Hari Gizi Nasional, LAZ Taman Zakat Salurkan Bantuan untuk Anak Yatim Korban Covid-19

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Salah satu petugas LAZ Taman Zakat menyerahkan bantuan kepada anak yatim akibat Covid-19. Foto: Istimewa

Sejumlah anak jadi yatim karena Covid-19. Di Hari Gizi Nasional, Selasa (25/1/2022), Lembaga Amil Zakat (LAZ) Taman Zakat bekerja sama dengan ZIS Indosat memberi perhatian khusus kepada anak yatim korban Pandemi Covid-19.

Bentuk perhatian itu dirupakan santunan bahan makanan seperti beras, telor, daging sapi, daging ayam, susu dan sejumlah uang yang bisa dimanfaatkan untuk membeli apa yang dibutuhkan.

Ziyad General Manajer Taman Zakat menyampaikan, bantuan itu untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Sebelumnya Taman Zakat sudah mencari informasi tentang anak-anak yang ditinggal wafat orang tuanya karena terserang Covid-19.

Ia mengaku sudah mengirimkan pesan yang dilengkapi Google Form untuk melengkapi data anak yatim akibat Covid-19.

“Pesan itu kami sebarkan melalui berbagai grup WA, Telegram juga media sosial yang kami punya secara berantai. Dari pesan itu, kami harap orang yang mengenal anak-anak yang ditinggal wafat orang tuanya mengisi formulir agar kami bisa membantu,” kata Ziyad.

Dari pesan yang tersebar itu, Ziyad mengaku mendapatkan data 60 keluarga dari Surabaya dan Sidoarjo, dan kemungkinan akan terus bertambah karena pesan berantai itu kemungkinan akan terus berjalan.

Ziyad melanjutkan, 60 keluarga itu nantinya akan mendapatkan perhatian khusus dari Taman Zakat, khususnya bagi yang membutuhkan.

“Dari hasil survey kami, ke-60 keluarga itu memang membutuhkan uluran tangan orang lain,” tegas pria 35 tahun ini.

Ziyad kemudian mencontohkan seorang ibu bernama Yuliana yang harus juga berperan menjadi ayah untuk mencari nafkah dengan berjualan bakso. Suaminya wafat Juli 2020 lalu saat pandemi Covid-19.

“Bu Yuliana harus belajar dari awal bagaimana membuat bakso. Sebelum subuh ia sudah sibuk membuat bakso dan kemudian menjualnya untuk menghidupi dua anak yang menjadi tanggungannya,” jelas Ziyad.

Ada juga, ia menambahkan, yang ada di Krian Sidoarjo, kedua orang tuanya meninggal karena Covid-19. Anak pertama yang kemudian tiba-tiba menjadi tulang punggung.

“Ini juga jadi perhatian khusus dari kami di Taman Zakat,” kata Ziyad.

Ziyad menyampaikan, untuk anak yang terdampak pandemi Covid-19 ini bisa dibantu dari berbagai program taman zakat.

Yang rutin bisa membantu, ia melanjutkan, bisa melalui Program Beasiswa Bintang atau Sedekah Beras Rakyat.

“Sementara saat Idhul Adha juga bisa di program Tebar Manfaat Qurban. Yang jelas akan jadi perhatian khusus bagi kami di Taman Zakat,” ujar Ziyad.

Ziyad juga meminta masyarakat juga memperhatikan tetangga sekitarnya, khususnya anak-anak yang ditinggal wafat orang tuanya saat pandemi Covid-19.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
29o
Kurs