Rabu, 8 Februari 2023

Hari Ini, Jokowi Presiden Meninjau Persiapan Terakhir KTT G20 di Bali

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden dan Iriana Ibu Negara tiba di Bali, Senin (7/11/2022) malam, sebelum meninjau persiapan KTT G20. Foto: Biro Pers Setpres

Sepekan menjelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Joko Widodo Presiden bersama Iriana Ibu Negara, hari ini, Selasa (8/11/2022), punya agenda meninjau berbagai persiapan di lokasi acara.

Setibanya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Senin (7/11/2022) malam, Presiden sempat mengecek ruang VIP bandara yang akan menjadi tempat singgah para pemimpin negara G20.

Rencananya, pagi sampai siang hari ini RI 1 akan memeriksa kesiapan sejumlah tempat dan fasilitas mulai dari jalanan sampai lokasi penyelenggaraan konferensi.

Sesudah itu, Jokowi Presiden terbang ke Phnom Penh, Kamboja, untuk mengikuti KTT ASEAN yang akan berlangsung tanggal 10-13 November 2022.

Kepala Negara dijadwalkan kembali tiba di Bali tanggal 14 November 2022 untuk melaksanakan sejumlah pertemuan bilateral sebelum memulai secara resmi KTT G20 tanggal 15-16 November 2022.

Sebelumnya, Komisaris Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono Wakapolri mengatakan, Polri mengerahkan sebanyak 9.700 personel untuk menjaga keamanan KTT G20.

Jumlah itu, merupakan gabungan dari personel Polda Bali, Polda Nusa Tenggara Barat, Polda Jawa Timur, dan Bawah Kendali Operasi (BKO) Mabes Polri.

Komjen Gatot menjelaskan, Jenderal TNI Andika Perkasa Panglima TNI bertugas sebagai kepala pengamanan KTT G20, dan Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Kapolri sebagai wakilnya.

Berdasarkan laporan Retno Marsudi Menteri Luar Negeri RI, sudah ada 18 dari 20 pemimpin negara yang menyatakan hadir fisik dalam KTT G20 di Bali.

Di antaranya, Joe Biden Presiden Amerika Serikat, Rishi Sunak Perdana Menteri Inggris, dan Giorgia Meloni Perdana Menteri Italia.

Sedangkan yang belum mengonfirmasi kehadirannya adalah Volodymyr Zelenskiy Presiden Ukraina, dan Vladimir Putin Presiden Rusia.(rid/rst)

Berita Terkait