Kamis, 9 Februari 2023

Hari Ini, Presiden Kunjungan Kerja ke Pontianak dan Surabaya

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden bersiap turun dari Pesawat Kepresidenan Indonesia 1, di Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (29/11/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Selasa (29/11/2022), melakukan kunjungan kerja ke dua provinsi, Kalimantan Barat, dan Jawa Timur.

Pagi hari, Presiden meresmikan Pembukaan Bahaupm Bide Bahana Tariu Borneo Bangkule Rajaking (TBBR), di Rumah Adat Radakng, Kota Pontianak.

TBBR merupakan acara adat yang mempertemukan Masyarakat Adat Suku Dayak dengan Presiden RI selaku pemimpin besar atau raja.

Nantinya, RI 1 akan menerima laporan dari Pangalangok Jirah atau Panglima Merah Dayak. Kemudian, ada prosesi penyematan rompi dan topi adat Dayak kepada Jokowi.

Selanjutnya, ada seminar kebangsaan mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, dan pernyataan kesetiaan Masyarakat Adat Suku Dayak kepada NKRI.

Dari Pontianak, Kalimantan Barat, siang hari Presiden bersama rombongan terbatas melanjutkan perjalanan udara menuju Provinsi Jawa Timur.

Setibanya di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Kepala Negara dijadwalkan langsung menuju Kota Surabaya.

Di Kota Pahlawan, Presiden akan meresmikan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Surabaya, sekaligus mencanangkan pembangunan AMN Makassar dan Manado.

Selain itu, Jokowi juga berencana meninjau fasilitas AMN Surabaya, lalu menuju Bandara Internasional Juanda dan lepas landas ke Jakarta.

Sekadar informasi, AMN merupakan program yang diinisiasi Badan Intelijen Negara (BIN) melibatkan berbagai kementerian, lembaga dan pemerintah provinsi setempat.

BIN berupaya meningkatkan nasionalisme sekaligus memperkuat toleransi antarsuku, agama dan ras lewat AMN.

Pembangunan AMN dilaksanakan Kementerian PUPR. Lalu, asrama yang sudah jadi dikelola BIN bersama Kemendikbud Ristek.(rid/rst)

Berita Terkait