Selasa, 30 April 2024

Hari Pertama Gerai Vaksin di Suara Surabaya Centre Disambut Antusias oleh Peserta

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Salah satu peserta vaksinasi di Gerai Vaksin yang diselenggarakan Suara Surabaya Media bekerja sama dengan TNI AL Koarmada II, Kamis (28/4/2022). Foto: Chandra suarasurabaya.net

Hari pertama pelaksanaan Gerai Vaksin yang diselenggarakan Suara Surabaya Media bekerja sama dengan TNI AL Koarmada II disambut antusias oleh ratusan masyarakat yang akan menerima vaksinasi.

Antrean panjang terlihat hingga di area terluar hall Suara Surabaya Centre (SSC), tempat Gerai Vaksin digelar.

Berdasarkan pantauan suarasurabaya.net, sejak pukul 15.00 WIB ratusan calon penerima vaksinasi sudah berdatangan di hall Suara Surabaya Centre, padahal vaksinasi baru dimulai pukul 16.00 WIB.

Vaksinasi sempat mengalami keterlambatan sekitar 15 menit karena petugas belum datang di lokasi.

“Kami mohon maaf kalau sedikit mengalami keterlambatan karena membludaknya peserta vaksin di Armada. Tapi petugas kami sedang perjalanan menuju kemari. Kami minta waktu 10 menit untuk siap-siap,” kata salah satu petugas melalui pengeras suara.

Peserta mengisi data di meja screening sebelum dicek kesehatannya di Gerai Vaksin yang diselenggarakan Suara Surabaya Media bekerja sama dengan TNI AL Koarmada II, Kamis (28/4/2022). Foto: Chandra suarasurabaya.net

Saat petugas vaksinasi tiba, formulir langsung dibagikan.

Ada dua formulir yang harus diisi oleh peserta vaksinasi, yaitu form kecil dan form besar.  Form kecil berisi data yang harus dilengkapi yaitu NIK, nama, alamat dan nomor HP yang masih aktif karena akan digunakan untuk mengirimkan data PeduliLindungi melalui SMS. Sementara di form besar, masyarakat diminta untuk mengisi data yang lebih lengkap.

Peserta vaksinasi juga diminta untuk membawa fotokopi KTP, untuk memastikan antara data yang diinformasikan di formulir sesuai.

Setelah melalui proses screening, peserta akan dicek kesehatannya sebelum disuntik. Kalau dinyatakan lolos, maka suntikan vaksin bisa langsung diarahkan. Kalau belum memenuhi, maka diarahkan untuk istirahat terlebih dahulu.

Inggrid, warga Surabaya yang mengantar orang tuanya untuk vaksin di SSC terpaksa harus beristirahat sebentar.

“Mama darah tinggi, suruh istirahat sebentar 10 menit,” ujarnya.

Vaksin booster yang diterima orang tuanya hari ini akan digunakan sebagai syarat perjalanan naik pesawat.

“Mau ke Ternate, ada saudara yang meninggal,” katanya.

Sebelum disuntik vaksin, peserta terlebih dulu dicek kesehatannya oleh petugas di Gerai Vaksin, Kamis (28/4/2022). Foto: Chandra suarasurabaya.net

Setelah menerima vaksinasi, peserta bisa meninggalkan SSC dan menunggu datanya masuk ke aplikasi PeduliLindungi.

Suara Surabaya Media bekerja sama dengan TNI AL Koarmada II menggelar gerai vaksin di Suara Surabaya Centre mulai tanggal 28-30 April 2022.

Ada 1.000 dosis yang disediakan setiap hari. Gerai Vaksin hanya melayani masyarakat yang belum vaksin dosis 1 dan 2, sementara untuk vaksin booster hanya dilayani yang dosis 1 dan 2-nya yaitu Sinovac, Astra Zeneca dan Pfizer. Sementara untuk yang dosis 1 dan 2 Moderna dan Sinopharm tidak bisa dilayani.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
30o
Kurs