Sabtu, 18 Mei 2024

Hari Sumpah Pemuda, Pemkot Surabaya Menggelar Upacara dan Ceramah Gus Miftah

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Konferensi pers acara peringatan Hari Sumpah Pemuda oleh Pemkot Surabaya, Kamis (27102022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar upacara di Balai Kota dan Ceramah Gus Miftah di Jalan Pahlawan, Jumat (28/10/2022).

Upacara di halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya akan dimulai pukul 07.00 WIB. Selain Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), acara akan diikuti warga dan puluhan perguruan bela diri.

Heri Purwadi Kepala Bidang (Kabid) Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya mengatakan, yang berbeda dengan gelaran upacara tahun-tahun sebelumnya, besok akan menggambarkan kolaborasi seni budaya.

“Rangkaian besok berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Sekarang sedang gladi bersih tadi pagi. Kita menampilkan kolaborasi seni budaya yang menggambarkan Kebhinekaan Surabaya. Pembentukan ikrar sumpah pemuda juga akan kita tampilkan. Wali Kota akan bacakan puisi. Acara ini mempersatukan perguruan-perguruan yang berbeda-beda tadi,” papar Heri saat konferensi pers di Ruang Eks Humas Pemkot Surabaya, Kamis (27/10/2022).

Sementara sore hingga malam harinya, ceramah yang diisi Gus Miftah akan digelar di Jalan Pahlawan, Tugu Pahlawan Kota Surabaya.

“Kedua acara di Tugu Pahlawan menutup jalan. Ada silaturahmi toleransi kebangsaan ditampilkan beberapa tampilan suku, ras, agama, 14 tampilan. Akan ada deklarasi Surabaya kota toleran,” imbuh Ahmad Daya Prasetyono Kabid Kesatuan Bangsa Bakesbangpol Kota Surabaya.

Supriyo Utomo Sub Koordinasi Pengawasan dan Pengendalian Lalu Lintas Dishub Surabaya mengaku Jalan Pahlawan akan ditutup total mulai pukul 06.00 WIB pagi.

“Jalan Pahlawan sudah ditutup separuh mulai hari ini. Dari Veteran (utara) menuju (selatan) ke Kramat Gantung separuh masih bisa dilalui, separuh untuk loading persiapan panggung tenda. Sore sampai malam ini jalan masih bisa dilalui meski padat merambat,” imbuhnya.

Arus lalu lintas akan dialihkan ke arah Jalan Indrapura lalu Jalan Semut Kali.

“Besok pagi sudah terpasang semua. Jalan dari veteran menuju pahlawan sudah ditutup total. Arus dibelokkan ke kanan Indrapura, terus kiri Jalan Semut Kali menuju ke arah yang dituju. Juga kegiatan malam, Jalan Pahlawan, Bubutan sisi barat, Pasar Turi, Indrapura, Pasar Besar dan Kebun Rojo sisi utara,” jelasnya.(lta/rum)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version