Jumat, 26 April 2024

Hari Tuberkolosis Se-Dunia, Wings Berikan Bantuan Buat Penyintas TBC

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Nanik Sukristina Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya bersama Oucky Hertanto Perwakilan Wings Peduli saat memberikan bantuan kepada penyintas TBC, di Puskesmas Tenggilis, Rabu (23/3/2022). Foto: Manda Roosa suarasurabaya.net

Yayasan Wings Peduli bersama Dinas Kesehatan Kota Surabaya memberikan donasi berupa 500 paket untuk para penyintas TBC di Kota Surabaya.

Bantuan ini diberikan bertepatan dengan momentum Hari Tuberkolosis (TBC)  dunia yang diperingati besok 24 Maret 2022.

Nanik Sukristina, SKM., M.Kes Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya mengatakan jika penyakit TBC kadang tidak disadari oleh penderitanya sendiri, untuk itu pihaknya terus berupaya mencari penderita TBC di kota Surabaya karena jika tidak aktif mencari, dikhawatirkan akan liar.

“Tapi dua tahun belakangan ini trendnya mulai menurun harapannya tahun-tahun mendatang bisa pulih. Sebab penyembuhan TBC ini gampang-gampang susah, kalau mereka sudah drop penyembuhannya juga lebih sulit lagi,” jelas Nanik usai memberikan donasi di Puskesmas Tenggilis, Rabu (23/3/2022).

Nanik mengatakan, beberapa puskemas juga punya pendampingan pada pasien agar minum obat. Tujuannya  agar penderita tidak drop out.

Pihaknya juga memantau di lingkungan sekitar penderita TBC, karena penyakit ini erat kaitannya dengan lingkungan.

“Kita juga  berhubungan dinas-dinas terkait seperti Dinas Sosial, Dinas Cipta Karya, jadi kalau rumahnya kurang layak, kami memberikan usulan agar ada renovasi sederhana misalnya ventilasinya harus bagaimana, penerangannya dan lain-lain,” jelasnya.

Sementara itu, Oucky Hertanto Perwakilan dari Yayasan Wings Peduli mengatakan pihaknya terpanggil untuk ikut serta penanggulangan TBC. Bersama Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Surabaya dengan memberikan donasi berupa 500 paket kebersihan untuk para penderita TBC di Kota Surabaya.

“Ini merupakan respon dimana kebutuhan kebersihan sangat penting diperlukan oleh para Penderita TBC. Hal ini mutlak diperlukan karena bagian terpenting untuk memutus TBC adalah kebersihan diri sendiri,”kata Oucky usai memberikan bantuan kepada para penyintas TBC.

Sebagai informasi TBC merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh bakteri. Melansir Centers For Disease Control and Prevention, bakteri yang menyerang paru-paru ini juga dapat menyerang organ tubuh lainnya, seperti ginjal, tulang belakang hingga otak. Berbagai kampanye untuk menghentikan penularan TBC juga terus dilakukan oleh Pemerintah.

Dan untuk tahun ini, pemerintah mengusung gerakan “TOSSTBC”yang merupakan singkatan dari,  “Temukan Tuberkolosis, Obati Sampai Sembuh”. (man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs