Rabu, 6 Juli 2022

Harkitnas 2022, Jokowi Presiden Tegaskan Indonesia Harus Bangkit dan Maju Bersama

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden saat konferensi pers, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (22/4/2022). Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

Joko Widodo Presiden menyampaikan pesan khusus dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitkas) 2022, yang bertepatan hari ini, Jumat (20/5/2022).

Lewat akun media sosial resminya, Jokowi mengatakan Bangsa Indonesia harus maju bersama di tengah berbagai tantangan zaman.

Kepala Negara menegaskan, kemajuan Indonesia berlaku untuk seluruh elemen masyarakat. Artinya, tidak boleh ada yang tertinggal atau tersisihkan.

“Kita tetap bangkit dan maju bersama-sama, membangun merata dari Sabang sampai Merauke. Tidak boleh ada yang tertinggal. Tak ada yang boleh tersisihkan,” ujarnya melalui akun Instagram @jokowi, Jumat (20/5/2022).

Jokowi melanjutkan, dari dulu sampai sekarang Bangsa Indonesia terus menghadapi tantangan. Tapi, dengan semangat persatuan, berbagai tantangan bisa terlewati dengan baik.

Pada momen Harkitnas tahun ini, presiden menegaskan Bangsa Indonesia akan terus berjalan menuju kemajuan seperti yang dicita-citakan para pendiri republik.

“Satu demi satu tantangan telah kita lewati. Sebagai bangsa yang besar, ayunan langkah kita tak akan terhenti. Selamat Hari Kebangkitan Nasional,” tegasnya.

Sekadar informasi, Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei bertepatan dengan lahirnya organisasi Budi Utomo.

Budi Utomo adalah organisasi nasional modern pertama yang tercatat dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Hari Kebangkitan Nasional ditetapkan sebagai hari nasional bukan hari libur oleh Soekarno Presiden Pertama RI, lewat Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959, yang terbit tanggal 16 Desember 1959.

Dihitung dari awal berdirinya Budi Utomo (1908), tahun ini Indonesia merayakan Hari Kebangkitan Nasional ke-114.

Tema yang diusung adalah “Ayo Bangkit Bersama” dengan harapan Harkitnas jadi momentum seluruh elemen Bangsa Indonesia bersama-sama bangkit dari pandemi Covid-19.(rid/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
27o
Kurs