Selasa, 23 April 2024

Hujan Berjam-jam, Sebagian Wilayah Surabaya Selatan Kebanjiran

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Petugas BPBD Kota Surabaya membantu pengendara yang sepeda motornya mogok terkena banjir di Jalan Panjang Jiwo, Senin (13/6/2022). Foto: BPBD Surabaya

Sebagian wilayah Surabaya Selatan terendam banjir pascahujan deras sejak pukul satu dini hari sampai enam pagi, Senin (13/6/2022).

Ruas jalan yang terpantau mengalami banjir berdasarkan laporan pengakses Suara Surabaya yaitu Wonorejo, Pandugo, Kedung Asem, Tenggilis Mejoyo, Berbek Industri, Rungkut Industri, Medokan Sawah, dan Medokan Semampir.

Lilik Arijanto Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kota Surabaya mengatakan banjir terjadi wilayah selatan sisi timur, paling tinggi di Kali Rungkut dan Pandugo mencapai 20 centimeter. Penyebabnya, wilayah ini salurannya paling panjang ke laut, lamanya hujan turun, dan permukaan air laut sedang pasang.

“Kami sudah rekayasa salurannya ke laut. Sedangkan untuk wilayah baratnya Ahmad Yani kita buang ke arah barat,” kata Lilik.

Saat ini Pemerintah Kota Surabaya hanya bisa mengandalkan pompa untuk mengeluarkan air dari dalam kota. “Kami tidak bisa memanfaatkan gravitasi karena tiga hari ini laut sedang pasang,” ujarnya.(iss)

Banjir di Kedung Asem, Surabaya, Senin (13/6/2022). Foto: Yayuk Eko Agustin via redaksi

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs